PEMILIHAN FASILITAS ISOLASI BAGI PASIEN PADA BENCANA PANDEMI PENYAKIT MENULAR : STUDI KASUS PANDEMI COVID-19 DI KOTA PADANG

Nurul, Hassanah (2021) PEMILIHAN FASILITAS ISOLASI BAGI PASIEN PADA BENCANA PANDEMI PENYAKIT MENULAR : STUDI KASUS PANDEMI COVID-19 DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bencana tidak dapat diprediksi dan berkaitan dengan keselamatan makhluk hidup termasuk manusia. Bencana dapat diklasifikasikan atas bencana alam, bencana non alam dan bencana sosial. Salah satu bencana non alam yang baru-baru ini terjadi adalah COVID-19. Bencana non alam COVID-19 yang belum tahu kapan akan berakhir perlu ditanggulangi dengan efisien dan efektif. Salah satu bentuk penanggulangan dari bencana non alam ini berupa pemilihan lokasi fasilitas isolasi pasien COVID-19. Untuk dapat menjadikan suatu fasilitas sebagai fasilitas isolasi pasien terkonfirmasi positif COVID-19, terdapat banyak faktor yang perlu dipenuhi karena terdapat beberapa aturan dan perlakuan khusus untuk penanganan virus menular COVID-19. Rumusan faktor-faktor yang dimaksud untuk dapat digunakan dalam pemilihan lokasi fasilitas isolasi pasien COVID-19 di Kota Padang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan faktor yang relevan di Kota Padang sebagai dasar pemilihan lokasi fasilitas isolasi pasien COVID-19 serta menentukan rekomendasi prioritas lokasi fasilitas isolasi pasien COVID-19 di Kota Padang berdasarkan faktor yang sudah ditentukan. Pada penelitian ini dilakukan identifikasi faktor melalui studi literatur yang berkaitan dengan fasilitas isolasi selain Rumah Sakit. Bersamaan dengan hal tersebut, dilakukan identifikasi alternatif-alternatif lokasi fasilitas isolasi pasien terkonfirmasi positif COVID-19 selain Rumah Sakit yang telah tersedia dan dapat digunakan di Kota Padang. Selanjutnya dilakukan pembobotan faktor menggunakan metode Fuzzy AHP dan penentuan peringkat fasilitas menggunakan metode TOPSIS. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, didapatkan faktor yang digunakan untuk pemilihan fasilitas isolasi bagi pasien COVID-19 di Kota Padang sebanyak 10 faktor. Diantara faktor-faktor dan bobot faktor tersebut yaitu lokasi fasilitas dengan bobot 0,14887, sistem kebersihan dan sanitasi dengan bobot 0,14893, perenggangan fisik (Physical Distancing) dengan bobot 0,14405, infrastruktur kelistrikan dengan bobot 0,13596, keselamatan dan keamanan dengan bobot 0,17832, infrastruktur masyarakat dengan bobot 0,04399, kelengkapan dan ketersediaan sarana penunjang dengan bobot 0,19988. Bobot tersebut menyatakan tingkat dominasi faktor terhadap pemilihan fasilitas isolasi. Semakin besar nilai bobot dari suatu faktor, semakin mendominasi faktor tersebut, dan sebaliknya. Fasilitas yang menjadi prioritas utama dalam pemilihan fasilitas isolasi bagi pasien COVID-19 di Kota Padang adalah Asrama Haji Padang dengan nilai persentase 18,886%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Rika Ampuh Hadiguna
Uncontrolled Keywords: Faktor, Fasilitas, COVID-19, Fuzzy AHP, TOPSIS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:41
Last Modified: 13 Dec 2021 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96172

Actions (login required)

View Item View Item