Zakiyatusalma, zakiya (2021) PELAYANAN PUBLIK DALAM SISTEM PENANGGULANGAN GAWAT DARURAT TERPADU MELALUI PUBLIC SAFETY CENTER 119 DI KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (409kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK UUD Tahun 1945 mengamanatkan bahwa negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik. Pelayanan publik merupakan unsur penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama dalam hal kegawatdaruratan. Penguatan kualitas pelayanan kegawatdaruratan dilakukan melalui Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Sistem ini bertujuan memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan di bidang kesehatan. Prinsip pelayanan dalam SPGDT menekankan pada time saving is life saving, dimana semakin cepat waktu yang digunakan untuk merespon setiap kejadian gawat darurat maka semakin besar kesempatan untuk menyelamatkan nyawa pasien. SPGDT diwujudkan dalam bentuk layanan Public Safety Center / Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu 119 (PSC 119). Namun, dalam praktiknya ditemukan bahwa masih terdapat beberapa asas, standar pelayanan, dan komponen pelayanan publik yang belum terlaksana dengan baik. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalah yang akan diteliti adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pelayanan publik dalam sistem penanggulangan gawat darurat terpadu melalui PSC 119 Di Kota Padang Panjang ? 2) Apa faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pelayanan publik dalam sistem penanggulangan gawat darurat terpadu melalui PSC 119 Di Kota Padang Panjang ? Metode penelitian ini adalah yuridis empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik penelitian yang yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa pelaksanaan pelayanan publik dalam sistem penannggulangan gawat darurat terpadu melalui PSC 119 Di Kota Padang Panjang belum sepenuhnya dapat menerapkan asas pelayanan yang baik yang meliputi keterbukaan, akuntabilitas, ketepatan waktu, keprofesionalan, dan partisipatif. Adapun faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pelayanan dalam sistem penannggulangan gawat darurat terpadu melalui PSC 119 Di Kota Padang Panjang adalah faktor hukum dan faktor pendukung lainnya yang terdiri dari faktor kesadaran para pejabat, faktor sarana dan prasarana, faktor Standar Operating Procedure (SOP), dan faktor pengembangan survey kepuasan dan pengelolaan pengaduan. Kata kunci : Pelayanan Publik, Public Safety Center 119 Kota Padang Panjang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Syofiarti, S.H., M.Hum |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 03:26 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 03:26 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96158 |
Actions (login required)
View Item |