Korelasi Kecanduan Internet dengan Kualitas Hidup pada Mahasiswa Tahun Pertama dan Kedua Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Salsabilla, Firdaus (2021) Korelasi Kecanduan Internet dengan Kualitas Hidup pada Mahasiswa Tahun Pertama dan Kedua Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 (Penutup))
BAB 7 (Penutup).pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap internet terlihat dari laporan survei pengguna internet yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan durasi penggunaan internet yang disertai dengan kurangnya kontrol diri pada penggunaan internet di luar tujuan belajar dan pekerjaan, berhubungan dengan kondisi penggunaan internet patologis yang disebut kecanduan internet. Tingginya angka kecanduan internet dengan segala dampaknya yang dapat muncul pada mahasiswa kedokteran menjadi salah satu permasalahan karena mahasiswa kedokteran dididik untuk menjadi tenaga kesehatan yang akan melayani masyarakat dengan ilmu dan keterampilan yang didapat pada masa pendidikan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian mengenai korelasi antara kecanduan internet dengan kualitas hidup pada mahasiswa tahun pertama dan kedua program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain potong lintang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner secara online. Hasil penelitian didapatkan angka kecanduan internet adalah 25,7% dengan rata-rata skor kecanduan internet menurut KDAI 82,78±38,116 dan median 81,50. Didapatkan juga korelasi negatif yang bermakna antara skor persepsi kualitas hidup secara keseluruhan (r= -0,234), kesehatan secara umum (r= -0,168), domain kesehatan fisik (r= -0,365), domain psikologis (r= -0,332), domain hubungan sosial (r= -0,158), dan domain lingkungan (r= -0,201). Dapat disimpulkan bahwa persentase mahasiswa yang tidak kecanduan internet lebih besar dibandingkan yang kecanduan internet serta terdapat korelasi negatif yang bermakna antara kecanduan internet dengan kualitas hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Aswiyanti Asri, M.Si. Med, Sp.PA(K)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kecanduan internet, kualitas hidup, mahasiswa kedokteran
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 10 Dec 2021 02:53
Last Modified: 10 Dec 2021 02:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96121

Actions (login required)

View Item View Item