PERAN PANDEMI COVID-19 SEBAGAI MODERASI HUBUNGAN E-PAYMENT TERHADAP KINERJA UMKM

Siti, Zahriyah (2021) PERAN PANDEMI COVID-19 SEBAGAI MODERASI HUBUNGAN E-PAYMENT TERHADAP KINERJA UMKM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Cover dan Abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (FULL TEXT)
full TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan inovasi digital telah meluaskan penggunaan sistem pembayaran secara elektronik di kalangan dunia usaha. Sistem pembayaran elektronik memungkinkan masyarakat untuk dapat melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai. Sistem pembayaran elektronik telah menjadi faktor pendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), karena dengan adaptasi kepada penggunaan pembayaran secara elektronik pelaku UMKM berpeluang untuk mendapatkan konsumen lebih banyak dan akses pasar yang lebih luas dengan mengurangi ongkos promosi, mengurangi ongkos operasional, dan berpeluang untuk mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi. UMKM makanan dan minuman merupakan sektor usaha yang berkembang dan tumbuh pesat pada masa pandemi Covid-19. Banyaknya kompetitor dari sektor tersebut telah mengharuskan setiap UMKM untuk memiliki kinerja yang baik demi keberlangsungan aktivitas UMKM itu sendiri. Mewabahnya pandemi Covid-19 memberikan pengaruh terhadap kehidupan manusia, termasuk dalam penggunaan pembayaran elektronik dan kinerja UMKM. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem pembayaran elektronik terhadap kinerja UMKM pada masa pandemi Covid-19. Populasi yang ditentukan pada penelitian yang dilakukan adalah UMKM dari sektor makanan dan minuman di Kota Padang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian diperoleh melalui kuesioner yang dilakukan secara online, dan kemudian diolah menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa penggunaan pembayaran elektronik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UMKM, dan pandemi Covid-19 juga memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Namun pandemi Covid-19 diketahui tidak memberikan pengaruh sebagai moderasi antara penggunaan pembayaran elektronik terhadap kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Alizar Hasan, MSIE, M.Eng
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pandemi Covid-19, Pembayaran Elektronik, dan UMKM.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 08 Dec 2021 07:53
Last Modified: 08 Dec 2021 07:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96119

Available Versions of this Item

  • PERAN PANDEMI COVID-19 SEBAGAI MODERASI HUBUNGAN E-PAYMENT TERHADAP KINERJA UMKM. (deposited 08 Dec 2021 07:53) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item