Klasifikasi Genre Film Berdasarkan Wikipedia Movie Plot Menggunakan Naive Bayes Classifier

Ditto, Afiq Pangarso (2021) Klasifikasi Genre Film Berdasarkan Wikipedia Movie Plot Menggunakan Naive Bayes Classifier. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstract)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Laporan Ditto Afiq Pangarso.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Film telah berada lebih dari satu abad dalam kehidupan kita sehari-hari ini baik dalam bentuk digital maupun fisik. Film tersebut juga sudah dapat diakses dimana saja pada zaman sekarang sehingga semua orang dapat menonton film kapanpun dan dimanapun. Film itu sendiri tidak hanya sedikit , jumlah film yang ada sangat banyak dan satu sama lain memiliki berbeda baik dalam segi actor, cerita, dan direktur. Tapi hal yang paling mencolok dalam perbedaan suatu film adalah genre dari film tersebut. Genre merupakan hal utama yang memisahkan suatu kelompok film dengan kelompok film lainnya. Setiap genre memiliki topic atau focus berbeda dengan film dengan genre berbeda. Genre yang sama belum tentu memiliki plot cerita yang sama begitu juga sebaliknya, Plot yang mirip bisa saja memiliki genre yang berbeda.Menentukan genre yang tepat untuk suatu film berdasarkan plotnya memerlukan pengecekan berulang dengan bermacam-macam plot film yang memiliki genre yang sama. Pada penelitian ini film akan dapat diklasifikasikan terhadap genre yang ada hanya berdasarkan plot yang dimiliki dengan membandingkan plotnya dengan plot yang ada pada genre-genre yang tersedia, sehingga dapat ditemukan genre yang sesuai berdasarkan plot yang ada. Pembuatan program akan dilakukan dengan menggunakan Google Colaboratory dengan menggunakan bahasa python. Dalam penelitian ini akan dilakukan preprocessing yang prosesnya adalah data cleansing, case folding, stemming, stopwords removal, tokenizing, dan data reduction. Setelah melakukan preprocessing, klasifikasi akan dilakukan dengan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier berdasarkan nilai bobot per kata yang diperoleh dengan menggunakan TF-IDF. Hasil dari klasifikasi akan didapatkan kata yang memiliki bobot terbesar dalam melakukan klasifikasi dan skor akurasi dari klasifikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Meza Silvana, M.T
Uncontrolled Keywords: Plot, Film, Naïve Bayes Classifier, Tf-Idf, Accuracy Score, Python
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 08 Dec 2021 08:59
Last Modified: 08 Dec 2021 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96118

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item