Analisis Kuat Lentur dan Keruntuhan Debonding Balok Beton Bertulang yang diperkuat Pelat CFRP

Silvy, Desharma (2021) Analisis Kuat Lentur dan Keruntuhan Debonding Balok Beton Bertulang yang diperkuat Pelat CFRP. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (582kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (66MB)

Abstract

Pelat Carbon Fibre Reinforced Polymer (CFRP) merupakan salah satu material yang paling efektif dan populer sebagai metode perkuatan balok beton bertulang dengan sistem perlekatan eksternal pada permukaan tarik balok beton bertulang. Peningkatan kekuatan lentur yang terjadi sering diiringi dengan terjadinya keruntuhan debonding antar pelat CFRP dengan beton. Seringnya sebagian besar potensi dari material pelat CFRP tidak termanfaatkan akibat terjadinya perilaku debonding tersebut. Pada studi ini, analisis numerik dilakukan pada balok beton bertulang dengan variasi rasio tulangan tarik serta diperkuat oleh pelat CFRP pada permukaan tarik. Data eksperimental balok beton bertulang bertumpuan sederhana dibawah pembebanan four-point bending diadopsi dan keruntuhan debonding balok beton bertulang dievaluasi. Studi numerik berbasis metode elemen hingga dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak ATENA 2D. Lekatan antarmuka pelat CFRP dengan beton pada ATENA 2D diasumsikan terlekat sempurna. Kekuatan lekatan antar pelat CFRP dengan beton dianalisis menggunakan kurva bond-slip yang diusulkan dari literatur terdahulu. Kurva beban-defleksi balok dan kurva beban-deformasi pelat CFRP diperoleh dari hasil analisis menggunakan ATENA 2D. Hasil analisis menunjukkan bahwa rasio tulangan tarik meningkatkan beban lentur balok beton bertulang yang diperkuat oleh pelat CFRP. Selain itu, hasil analisis menggunakan ATENA 2D menunjukkan keakuratan berkisar 76% sampai dengan 98.1% serta evaluasi keruntuhan debonding menggunakan kurva bond-slip tak menunjukkan kecocokan mode keruntuhan pada spesimen G6P3.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Zaidir, Dr. Eng.
Uncontrolled Keywords: Pelat CFRP, balok beton bertulang, kurva bond-slip, kekuatan lentur, kuat lekat, tegangan lekatan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:17
Last Modified: 01 Dec 2021 02:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95965

Actions (login required)

View Item View Item