Hubungan karakteristik perawat, jenis konflik,dan penyebab konflik dengan strategi penyelesaian konflik keperawatan di ruangan isolasi saat pandemi COVID-19 di RSUP Dr M Djamil Padang

Ayu, Aida A (2021) Hubungan karakteristik perawat, jenis konflik,dan penyebab konflik dengan strategi penyelesaian konflik keperawatan di ruangan isolasi saat pandemi COVID-19 di RSUP Dr M Djamil Padang. Masters thesis, Fakultas Keperawatan.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
judul + abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I_fix.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
10. BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
11. DAFTAR PUSTAKA new fix.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
TESIS_AIDA AGUSTI_AYU_1721312003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kasus COVID-19 menimbulkan kekhawatiran, bagi semua orang termasuk perawat sebagai tenaga kesehatan. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui manajemen konflik perawat dalam pelayanan keperawatan selama pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif korelasi dengan desain penelitian cross sectional study. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Juni 2021. Penelitian ini melibatkan 178 orang perawat yang betugas diruang isolasi pasien COVID-19. Pengambilan sampel dilakukan secara systematic random sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariariat. Hasil penelitian didapatkan karakteristik responden pada rentang usia 21-45 tahun, 62,4& berpendidikan DIII keperawatan, 88,8% bertugas sebagai perawat pelaksana, dan 55,6% bekerja dalam kurun 0-1 tahun. Jenis konflik sering terjadi yaitu konflik intrakelompok (skor NCS, mean+SD: 0,59+0,31), dan strategi penyelesaian konflik yang digunakan kolaborasi (skor ROCI II, mean+SD: 4,09+0,43). Terdapat korelasi usia perawat dengan strategi penyelsaian konflik akomodasi. Pendidikan dan lama bekerja juga behubungan bermakna dengan strategi penyelsaian konflik menajuhi. Adanya perbedaan bermakna penyebab konflik karakter individu dengan strategi penyelesaian konflik kolaborasi, akomodasi dan kompromi. Karakteristik perawat, jenis konflik dan penyebab konflik dapat berperan dalam pemilihan strategi penyelesaian konflik yang terjadi dalam pelayanan keperawatan saat pandemi COVID-19. Konflik dapat menjadi suatu hal positif dan meningkatkan produktifitas dalam pelayanan keperawatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:25
Last Modified: 30 Nov 2021 03:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95805

Actions (login required)

View Item View Item