PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE FREE FIRE PADA SISWA SD/MI DI KELURAHAN KOTO BARU NAN XX KOTA PADANG

Ilfan, Darma Fandra (2021) PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECANDU GAME ONLINE FREE FIRE PADA SISWA SD/MI DI KELURAHAN KOTO BARU NAN XX KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Game online merupakan sebuah permainan yang dimainkan dengan menggunakan jaringan internet yang memiliki fitur-fitur menarik. Salah satu game online yang banyak digunakan saat ini adalah Free Fire. Game ini mengakibatkan kecanduan yang dapat membuat pemainnya mengurangi kegiatan lain termasuk pada siswa sekolah dasar. Proses belajar daring memberikan keleluasaan bagi anak untuk menggunakan ponsel lebih lama sehingga mereka dapat bermain game di waktu luang mereka untuk belajar. Meningkatnya aktivitas dalam bermain game ini mempengaruhi komunikasi siswa pecandu game online tersebut baik di dalam dunia virtual maupun di luar dunia virtual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui motivasi bermain pecandu game online Free Fire, bagaimana interaksi pemain game online Free Fire di dalam dunia virtual dan di luar dunia virtual. Teori pendukung yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori motivasi kebutuhan McClelland. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan lima key informan dan lima informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mereka bermain game online hingga kecanduan yaitu keinginan untuk memperoleh rank yang lebih tinggi dari sebelumnya (Need for Achievement) dan kebutuhan untuk meningkatkan hubungan pertemanan dengan teman yang seumuran (Need for Afifiliation). Interaksi pecandu game online Free Fire di dalam dunia virtual cukup aktif karena bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Sedangkan interaksi pecandu game online Free Fire di luar dunia luar terpengaruh oleh bagaimana cara dia berinteraksi ketika berada di dalam dunia virtual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ERNITA ARIF
Uncontrolled Keywords: Game Online, Kecanduan, Free Fire, Perilaku Komunikasi Interpersonal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:05
Last Modified: 30 Nov 2021 03:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95784

Actions (login required)

View Item View Item