PENGARUH KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN, KREDIT DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA USAHA PENGOLAHAN KOPI DI KABUPATEN TANAH DATAR

Suryani, Nova (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN, KREDIT DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA USAHA PENGOLAHAN KOPI DI KABUPATEN TANAH DATAR. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK PENGARUH KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN, INOVASI PRODUK, DAN KREDIT TERHADAP KIERJA USAHA.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img] Text (full text)
tesis full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu groindustri kopi adalah usaha pengolahan kopi berupa UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Jumlah UMKM selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut mengindikasikan bahwa perkembangan UMKM di Indonesia sangat baik. Kinerja merupakan hal yang sangat menentukan di dalam perkembangan usaha. Kinerja usaha dipengaruhi oleh karakteristik kewirausahaan, dan lingkungan yang dalam hal ini yaitu inovasi produk dan keberanian dalam mengakses kredit. Tujuan Penelitian ini yaitu mendeskripsikan karakteristik kewirausahaan pelaku usaha pengolahan kopi di Kabupaten Tanah Datar, menganalisis pengaruh karakteristik kewirausahaan, kredit, dan inovasi produk terhadap kinerja usaha. Responden penelitian adalah 100 pelaku usaha pengolahan kopi bubuk di sentra pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Tanah Datar. Metode yang digunakan adalah metode survey, data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kewirausahaan pelaku usaha pengolahan kopi di Kabupaten Tanah Datar dapat digolongkan pada tingkat tinggi. Karakteristik kewirausahaan berpengaruh positif dan signifkan terhadap kredit. Karakteristik kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha, sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha. Meningkatkan kinerja usaha pelaku usaha pengolahan kopi di Kabupaten Tanah datar perlu memiliki karakteristik kewirausahaan yang kuat, keberanian mengakses kredit dan juga melakukan inovasi terhadap produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Zednita Azriani, SP, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu ekonomi pertanian
Date Deposited: 17 Mar 2022 04:42
Last Modified: 17 Mar 2022 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95758

Actions (login required)

View Item View Item