STRATEGI ARAB SAUDI MEWUJUDKAN DIRI SEBAGAI DESTINASI WISATA MELALUI SAUDI VISION 2030

Ilham Nusantara, Ajie (2021) STRATEGI ARAB SAUDI MEWUJUDKAN DIRI SEBAGAI DESTINASI WISATA MELALUI SAUDI VISION 2030. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
Bab V.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Arab Saudi melalui kebijakan Saudi Vision 2030 melakukan upaya untuk diversifikasi ekonomi dan keluar dari ketergantungan pendapatan perekonomian terhadap ekspor minyak bumi. Dengan adanya Saudi Vision 2030, pemerintah Arab Saudi memiliki rencana untuk mengembangkan sektor pariwisata dan hiburan yang ramah terhadap wisatawan asing. Saudi yang dinilai sebagai negara dengan citra konservatif dan tertutup menjadi penghambat datangnya wisatawan untuk berkunjung ke Saudi. Hal tersebut menjadi tantangan bagi Saudi dalam mengembangkan sektor pariwisata dan hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi yang dilakukan Arab Saudi untuk mewujudkan diri sebagai destinasi wisata. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif analisis. Penelitian ini menggunakan konsep Nation branding yang dikemukakan oleh Simon Anholt. Anholt menjelaskan terdapat tiga komponen utama dalam proses untuk menetapkan Nation branding yaitu strategy, substance dan symbolic actions. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Arab Saudi menjadikan Saudi Vision 2030 sebagai strategi untuk menjadikan Saudi sebagai destinasi wisata. Melalui Saudi Vision 2030 Arab Saudi berusaha untuk memperbaiki citra dan reputasi yang dimiliki untuk menarik kunjungan wisatawan asing. Sejak dikeluarkannya kebijakan Saudi Vision 2030, Saudi melakukan perubahan, pelonggaran dan penghapusan beberapa peraturan yang dinilai konservatif dan tidak ramah terhadap wisatawan asing. Saudi juga melakukan promosi pariwisata ke dunia internasional, salah satunya dengan mengadakan festival-festival. Hal tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Saudi. Kata Kunci: Arab Saudi, Saudi Vision 2030, Nation branding, Citra, Pariwisata

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:58
Last Modified: 29 Nov 2021 07:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95712

Actions (login required)

View Item View Item