HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERSEPSI KETERSEDIAAN SARANA DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE MASYARAKAT SAAT PANDEMI COVID-19 DI KOTA SOLOK TAHUN 2021

Intan, Hasri Yona (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERSEPSI KETERSEDIAAN SARANA DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE MASYARAKAT SAAT PANDEMI COVID-19 DI KOTA SOLOK TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan dan Saran))
Bab Akhir (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Pada Maret 2021, Sumatera Barat menduduki posisi ke-11 yang memiliki jumlah kasus COVID-19 terbanyak. Penerapan personal hygiene baik merupakan salah satu pencegahan COVID-19 yang berkaitan dengan perilaku masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan persepsi ketersediaan sarana dengan perilaku personal hygiene masyarakat saat pandemi COVID-19 di Kota Solok. Metode Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah masyarakat Kota Solok. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate sampling sebanyak 89 responden. Variabel penelitian adalah perilaku, pengetahuan, sikap, persepsi ketersediaan sarana tentang personal hygiene. Pengolahan data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil Masyarakat Kota Solok memiliki perilaku personal hygiene kurang (64%), pengetahuan tinggi (74,2%), sikap negatif (70,8%), dan persepsi ketersediaan sarana yang buruk (66,3%). Hasil uji statistik didapatkan hubungan antara pengetahuan (p=0,006), sikap (p=0,000), dan persepsi ketersediaan sarana (p=0,000) dengan perilaku personal hygiene. Kesimpulan Adanya hubungan pengetahuan, sikap dan persepsi ketersediaan sarana dengan perilaku personal hygiene masyarakat saat pandemi COVID-19 di Kota Solok. Diharapkan bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan memiliki kesadaran yang tinggi terkait personal hygiene. Pemerintah diharapkan bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat memberikan edukasi terkait pentingnya personal hygiene.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Trisfa Augia, S.Si., Apt., MSc.
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Perilaku Personal Hygiene, Pengetahuan,Sikap, Persepsi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 29 Nov 2021 08:28
Last Modified: 29 Nov 2021 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95660

Actions (login required)

View Item View Item