ANALISIS KANDUNGAN Escherichia coli PADA BAKSO BAKAR DAN PRAKTIK HIGIENE PEDAGANG DI KAWASAN PANTAI PURUS KOTA PADANG

Ranny, Kurnia Agusti (2021) ANALISIS KANDUNGAN Escherichia coli PADA BAKSO BAKAR DAN PRAKTIK HIGIENE PEDAGANG DI KAWASAN PANTAI PURUS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
3. BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. TA RANNY FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Praktik higiene perlu dilakukan oleh penjamah makanan agar makanan yang disajikan aman dikonsumsi. Di Kawasan Pantai Purus Kota Padang mayoritas pedagang bakso bakar tidak menggunakan sarung tangan atau bantuan capit untuk menjamah makanan yang akan disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan Escherichia coli pada bakso bakar dan praktik higiene pedagang di kawasan Pantai Purus Kota Padang. Metode MPN (Most Probable Number) digunakan untuk analisis kandungan Escherichia coli, serta melakukan wawancara dan observasi untuk mengetahui praktik higiene dari pedagang. Pada saat penelitian dilakukan, terdapat 10 pedagang bakso bakar dan semua pedagang pada saat itu dijadikan sampel. Penilaian praktik higiene yang dilakukan oleh pedagang mengacu pada Kepmenkes RI No.942 Tahun 2003 tentang Pedoman Persyaratan Higiene Sanitasi Makanan Jajanan. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 3 kali dan diperlakukan secara duplo. Hasil analisis kandungan Escherichia coli pada bakso bakar diperoleh 70% sampel positif Escherichia coli dengan rentang 20-200 MPN per gram dan jumlahnya lebih besar dari baku mutu yang diatur pada SNI 3818:2014 tentang Bakso Daging (< 3 MPN per gram).Hasil dari wawancara dan observasi, 40% pedagang masih kurang baik dalam melaksanakan praktik higiene, khususnya pada aspek kebiasaan mencuci tangan dan kebersihan kuku. Analisis uji fisher untuk mengetahui signifikansi antara kandungan Escherichia coli dan praktik higiene pedagang diperoleh nilai p value < 0,05 sehingga disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kandungan Escherichia coli pada bakso bakar dan praktik higiene pedagang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Shinta Silvia, Dr.Eng
Uncontrolled Keywords: Bakso bakar, Escherichia coli, Foodborne disease, Pantai Purus Kota Padang, Praktik higiene pedagang
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:31
Last Modified: 29 Nov 2021 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95342

Actions (login required)

View Item View Item