PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK APOTEKER PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DI PROVINSI SUMATERA BARAT TERHADAP COVID-19

Isna, Desvera (2021) PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK APOTEKER PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DI PROVINSI SUMATERA BARAT TERHADAP COVID-19. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
File1_Cover+Abstrak_mark_IsnaDesvera.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
File2_BAB I Pendahuluan mark_IsnaDesvera.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
File3_BAB V PENUTUP mark_IsnaDesvera.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
File4_DAFTAR PUSTAKA mark_IsnaDesvera.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
File5_Tugas Akhir Utuh_IsnaDesvera.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Apoteker Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu tenaga kesehatan Puskesmas yang berperan penting dalam pengelolaan perbekalan farmasi dan pelayanan farmasi klinis. Puskesmas merupakan garda terdepan dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 yang termasuk ke dalam Gugus Tugas Percepatan COVID-19 di Indonesia. Pengetahuan, sikap dan praktik Apoteker Puskesmas terkait penanggulangan COVID-19 sangat diperlukan dalam melaksanakan perannya sesuai standar pelayanan kefarmasian di era pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan, sikap dan praktik Apoteker Puskesmas di Provinsi Sumatera Barat terhadap COVID-19 dan mengkaji hubungan ketiga variabel tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan disain cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dinyatakan valid dengan uji validitas dan reliabilitas. Sebanyak 114 Apoteker Puskesmas di Provinsi Sumatera Barat menjadi responden penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dengan mengisi kuisioner melalui Google Form yang disebar melalui WhatApps. Hasil dari penelitian ini, Apoteker Puskesmas memiliki pengetahuan yang tinggi (87,7%), sikap yang positif (62,3%) dan praktik yang baik (53,5%) terhadap COVID-19. Pengetahuan terhadap COVID-19 dipengaruhi oleh status pernikahan dan sikap terhadap COVID-19 dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia dan lama praktik serta praktik terhadap COVID-19 dipengaruhi oleh jenis kelamin, status pernikahan dan lama praktik. Dari hasil uji statistik antara pengetahuan, sikap dan praktek Apoteker Puskesmas terhadap COVID-19, terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dan praktek (p=0,016) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap (p=0,316) dan pengetahuan dengan praktik (p=0,157).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: apt. Yelly Oktavia Sari, M.Pharm, Ph. D.
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Praktik, Apoteker Puskesmas, Sumatera Barat, COVID-19
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:33
Last Modified: 02 Dec 2021 07:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95258

Actions (login required)

View Item View Item