Pembangunan Sistem Pendukung Keptusan Dalam Menentukan Rencana Lokasi Penempatan ATM BRI Menggunakan Metode TOPSIS di Kabupaten Pasaman Barat

Yunita, Era Refsi (2021) Pembangunan Sistem Pendukung Keptusan Dalam Menentukan Rencana Lokasi Penempatan ATM BRI Menggunakan Metode TOPSIS di Kabupaten Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
TA Yunita Era Refsi Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
TA_YunitaEraRefsi_BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
TA_YunitaEraRefsi_BAB 6.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
TA_YunitaEraRefsi_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TA)
TA Yunita Era Refsi FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi informasi, beberapa institusi atau BUMN melakukan peningkatan kinerja demi memuaskan masyarakat. Salah satu peningkatan kinerja tersebut dilakukan oleh Bank dengan menyebarluaskan penempatan ATM(Automatic Teller Machine). Pihak perbankan berusaha semaksimal mungkin agar inovasinya dapat memuaskan nasabah serta mempermudah urusan nasabah. Diperlukan lokasi penempatan ATM yang tepat agar tujuan tersebut tercapai. Contohnya pada Bank BRI Cabang Simpang Empat Pasaman Barat, penempatan mesin ATM biasanya hanya pada kantor unit. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan agar perencanaan lokasi penempatan ATM lebih terarah dan terstruktur serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu metode pada sistem pendukung keputusan adalah metode TOPSIS. Metode topsis akan menghitung nilai dari kriteria setiap alternatif rencana lokasi penempatan ATM yang nantinya akan menghasilkan peringkat lokasi penempatan terbaik diantara lokasi lainnya. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana membangun aplikasi Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan lokasi penempatan ATM di Pasaman Barat dengan menggunakan metode TOPSIS. Kriteria dalam menentukan keputusan rencana lokasi ATM diantaranya akses lokasi, ATM kompetitor, keamanan, keramaian, lahan parkir, serta jarak dengan fasilitas umum. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat memudahkan divisi Bank dalam menentukan lokasi penempatan mesin ATM di Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc
Uncontrolled Keywords: SPK, ATM, TOPSIS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:38
Last Modified: 26 Nov 2021 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95245

Actions (login required)

View Item View Item