ANALISIS KONSENTRASI SULFUR DIOKSIDA (SO2) AKIBAT AKTIVITAS TRANSPORTASI DAN REKOMENDASI PENANAMAN POHON PEREDUKSI POLUTAN DI JALAN ARTERI PRIMER KOTA PADANG

Afifah, Alfino (2021) ANALISIS KONSENTRASI SULFUR DIOKSIDA (SO2) AKIBAT AKTIVITAS TRANSPORTASI DAN REKOMENDASI PENANAMAN POHON PEREDUKSI POLUTAN DI JALAN ARTERI PRIMER KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
FULL TA AFIFAH ALFINO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsentrasi Sulfur Dioksida (SO2) di udara ambien roadside di jalan arteri primer Kota Padang, menganalisis hubungan konsentrasi SO2 dengan kondisi meteorologi dan karakteristik lalu lintas serta merekomendasikan jalur hijau untuk mereduksi pencmaran gas SO2. Sampling dilakukan di Jalan Bagindo Aziz Chan yang merupakan jalan arteri primer dengan volume lalu lintas tertinggi dan dipilih dua titik yang mewakili jalan tersebut yaitu di seberang Restoran Uje BP dan di depan Warung Gina. Pengambilan sampel gas SO2 menggunakan alat impinger dengan menggunakan metode pararosanilin. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pada dua lokasi penelitian tersebut sudah melebihi baku mutu berdasarkan PP Nomor 22 tahun 2021 dimana pada titik 1 rata-rata konsentrasi SO2 sebesar 268,54 µg/m3 dan pada titik 2 rata-rata konsentrasi SO2 yaitu sebesar 205,59 µg/m3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi meteorologi seperti kecepatan angin, kelembapan udara dan tekanan udara memiliki hubungan yang berbanding terbalik dengan konsentrasi SO2 sedangkan temperatur memiliki hubungan yang berbanding lurus dengan konsentrasi SO2. Hubungan konsentrasi SO2 dengan karakteristik lalu lintas seperti volume lalu lintas dan kepadatan lalu lintas adalah berbanding lurus sedangkan kecepatan lalu lintas memiliki hubungan yang berbanding terbalik dengan konsentrasi SO2. Reduksi SO2 dapat dilakukan dengan cara membuat jalur hijau dengan penanaman pohon. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan terhadap pohon yang dapat mereduksi SO2 sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, maka rekomendasi pohon untuk ditanam pada jalur hijau Jalan Bagindo Aziz Chan adalah pohon ki hujan (Samanea saman).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Vera Surtia Bachtiar, Ph.D
Uncontrolled Keywords: udara ambien roadside, SO2, kondisi meteorologi, karakteristik lalu lintas, ki hujan (Samanea saman)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:57
Last Modified: 26 Nov 2021 07:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95132

Actions (login required)

View Item View Item