Pemanfaatan Modal Sosial Sebagai Strategi Organisasi Pengelola Zakat Dalam Menghim Dana Di Masyarakat (Studi Kasus : Lazismu Kantor Layanan Masjid Tawea Muhammadiyah)

Mirshad, Salsabiil (2021) Pemanfaatan Modal Sosial Sebagai Strategi Organisasi Pengelola Zakat Dalam Menghim Dana Di Masyarakat (Studi Kasus : Lazismu Kantor Layanan Masjid Tawea Muhammadiyah). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img] Text (Skripsi_fulltext)
SKRIPSI_MIRSHAD SALSABIIL_1810812001.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) merupakan organisasi yang bertugas menghimpun potensi dana zakat yang ada di masyarakat. Sebagai sebuah OPZ Lazismu Kantor Layanan Masjid Taqwa Muhammadiyah harus memiliki strategi dalam menjalankan tugasnya. Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi Lazismu Kantor Layanan (KL) Masjid Taqwa Muhammadiyah, Sumatra Barat dalam menghimpun dana masyarakat. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan dana zakat yang dikumpulkan oleh Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah, mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah dalam menghimpun dana zakat, serta mendeskripsikan pemanfaatan modal sosial sebagai strategi Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah dalam menghimpun dana zakat. Penelitian ini menggunakan teori modal sosial dari Robert MZ Lawang. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data adalah dengan metode kualitatif, yang mana data yang diperoleh dari wawancara mendalam, observasi, dan pengumpulan data sekunder. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Unit analisisnya adalah Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bentuk pemanfaatan modal sosial sebagai strategi Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah dalam menghimpun dana. Jaringan sosial yang ada mampu dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah. Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah juga dapat membangun kepercayaan dengan para muzzaki hingga membangun hubungan yang berkelanjutan. Norma dapat mengatur Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah dalam menjalankan tugasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Bob Alfiandi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lazismu KL Masjid Taqwa Muhammadiyah, Strategi, Modal Sosial.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 25 Nov 2021 07:14
Last Modified: 25 Nov 2021 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/95005

Actions (login required)

View Item View Item