Hubungan Health Consciousness dengan Kontrol Diri dalam Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 pada Dewasa Awal

Alma, Khairun Nisa (2021) Hubungan Health Consciousness dengan Kontrol Diri dalam Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 pada Dewasa Awal. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI ALMA-FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Individu usia dewasa awal merupakan salah satu kelompok usia yang beresiko tinggi menularkan Covid-19 di masyarakat. Kemampuan kontrol diri dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diperlukan oleh individu usia dewasa awal agar dapat mencegah penyebaran penyakit dengan lebih efektif. Namun diperlukan kesadaran dan motivasi individu untuk mengontrol dirinya dalam menerapkan perilaku sehat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan health consciousness dan kontrol diri dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada dewasa awal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 181 individu usia dewasa awal. Pengumpulan data menggunakan modifikasi dari Self-control Scale (SCS) milik Tangney, Baumeister dan Boone (2004) dan Health Consciousness Scale (HCS) dari Hong (2009). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara health consciousness dengan kontrol diri dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada individu usia dewasa awal. Selain itu, hasil penelitian tambahan menunjukkan adanya perbedaan mean kontrol diri yang signifikan pada individu dewasa awal dilihat dari pendidikan dan pekerjaan individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Amatul Firdausa Nasa, M.Psi, Psikolog
Uncontrolled Keywords: kontrol diri, health consciousness, dewasa awal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:25
Last Modified: 26 Nov 2021 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94986

Actions (login required)

View Item View Item