PERBEDAAN KADAR N-TERMINAL PRO B-TYPE NATRIURETIC PEPTIDE SERUM PASIEN GAGAL GINJAL YANG MENJALANI HEMODIALISIS BERDASARKAN KEJADIAN DIABETES MELITUS TIPE 2

Kartika, Aulia Sari (2021) PERBEDAAN KADAR N-TERMINAL PRO B-TYPE NATRIURETIC PEPTIDE SERUM PASIEN GAGAL GINJAL YANG MENJALANI HEMODIALISIS BERDASARKAN KEJADIAN DIABETES MELITUS TIPE 2. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak Tesis Kartika Aulia Sari)
1. Cover dan Abstrak Kartika Aulia Sari.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (Pendahuluan) Tesis Kartika Aulia Sari)
2. Bab 1 (Pendahuluan) Kartika Aulia Sari.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup Kesimpulan) Tesis Kartika Aulia Sari)
3. Bab Akhir (Penutup_Kesimpulan) Kartika Aulia Sari.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka Tesis Kartika Aulia Sari)
4. Daftar Pustaka Kartika Aulia Sari.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh Tesis Kartika Aulia Sari)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh Kartika Aulia Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Gagal jantung kongestif merupakan kondisi yang umum terjadi pada pasien dialisis dan menandakan prognosis yang buruk. Diabetes melitus merupakan penyebab utama penyakit ginjal stadium akhir. Hiperglikemia dan resistensi insulin menginduksi disfungsi endotel yang menyebabkan gangguan jantung dan ginjal simultan. N-terminal pro b-type natriuretic peptide (NT-proBNP) mempunyai efek diuretik, natriuretik, relaksasi otot polos vaskular, menghambat aktivitas neurohormonal dan mengurangi fibrosis kardiovaskular. Konsentrasinya meningkat bila terjadi regangan dinding jantung, dilatasi ventrikel dan peningkatan tekanan jantung. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kadar NT-proBNP serum pasien gagal ginjal yang menjalani hemodialisis berdasarkan kejadian diabetes melitus tipe 2 (DMT2). Metode: Penelitian analitik dengan rancangan potong lintang dilakukan terhadap 52 pasien yang telah didiagnosis sebagai gagal ginjal diabetik dan non-diabetik oleh klinisi dan menjalani hemodialisis rutin di RSUP Dr. M. Djamil Padang mulai November 2020 hingga Agustus 2021. Pemeriksaan NT-proBNP menggunakan metode ELISA di Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Nilai rujukan normal kadar NT-proBNP adalah <400 ng/L (<0,4 ng/mL). Data dianalisis dengan uji parametrik T tidak berpasangan, bermakna jika p <0,05. Hasil: Rerata umur subjek penelitian kelompok DMT2 57 tahun dan non-DMT2 50 tahun. Subjek penelitian kelompok DMT2 terbanyak perempuan 41% dan non-DMT2 laki-laki 74%. Rerata kadar NT-proBNP kelompok DMT2 didapatkan 13,23 (3,08) ng/mL. Rerata kadar NT-proBNP kelompok non-DMT2 adalah 13,30 (6,13) ng/mL. Uji statistik menunjukkan tidak ditemukan perbedaan kadar yang bermakna antara 2 kelompok (p =0,954). Simpulan: Tidak didapatkan perbedaan kadar NT-proBNP pasien gagal ginjal yang menjalani hemodialisis berdasarkan kejadian diabetes melitus tipe 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. dr. Rismawati Yaswir, SpPK(K) dr. Deswita Sari, SpPK
Uncontrolled Keywords: NT-proBNP, gagal ginjal, hemodialisis, diabetes melitus tipe 2
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RB Pathology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 23 Nov 2021 06:25
Last Modified: 23 Nov 2021 06:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94850

Actions (login required)

View Item View Item