EFEK ANALGETIK DAN TOKSISITAS AKUT EKSTRAK TERSTANDAR RIMPANG GANDASULI (Hedycium coronarium J.Koening) PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus muculus)

Fajrian, Aulia Putra (2021) EFEK ANALGETIK DAN TOKSISITAS AKUT EKSTRAK TERSTANDAR RIMPANG GANDASULI (Hedycium coronarium J.Koening) PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus muculus). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir ( Penutup dan Kesimpulan))
BAB akhir (Penutup dan Kesimpulan) .pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text (Tugas Akhir Ilmiah))
Tugas Akhir Ilmiah (TESIS_1821012020).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Rimpang Gandasuli (Hedycium coronarium, J.Koening.) merupakan salah satu tumbuhan asli indonesia yang telah digunakan sebagai obat oleh berbagai generasi masyarakat secara turun temurun. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efek pemberian ekstrak etanol rimpang gandasuli terhadap peningkatan aktifitas analgetik dan toksisitas akut dengan menghitungi nilai (Lethal Dose) Ld50. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni dengan menggunakan hewan uji mencit putih jantan (Mus muculus) sebagai objek eskperimen. Dimana Enam puluh ekor mencit putih dibagi menjadi dua kelompok dimana kelompok A sebanyak 30 ekor mencit digunakan untuk pengujian aktivitas analgetik dan kelompok B digunakan sebagai pengujian toksisitas. Ekstrak etanol yang digunakan merupakan ekstrak yang telah terstandarisasi, dengan melalui uji parameter spesifik dan non spesifik. Untuk pengujian aktivitas analgetik digunakan varian dosis 200 mg/KgBB, 400 mg/KgBB dan 600mg/KgBB dengan cara mengamati waktu respon hewan uji terhadap rasa panas dari hot plat, dengan memasukkan hasil pengamatan kedalam persamaan aktivitas analgetik, dari penelitian ini didapatkan hasil aktivitas analgetik pada dosis 600 mg/KgBB dengan nilai 79,62 % ± 1,68 % pada menit ke 90. Dan untuk nilai (Lethal dose) Ld50 didapatkan hasil 14,92 g/kgBB dengan metode Perhitungan Thomson-Weil, dimana nilai ini merupakan nilai dengan kategori praktis tidak toksik. Perbandingan data aktivitas analgetik antara varian dosis dengan respon hewan uji setelah dianalisis dengan Uji statistik Anova dua arah didapatkan hasil P(<0,05) yang membuktikan bahwa pemberian ekstrak etanol rimpang gandasuli (Hedycium coronarium, J.Koening.) pada beberapa varian dosis berpengaruh secara nyata pada Respon Mencit terhadap rasa sakit (Aktivitas Analgetik).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Netty Suharti.,MS
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: gandasuli, Hedycium coronarium, toksisitas akut, LD50, histopatologi
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 19 Nov 2021 06:52
Last Modified: 19 Nov 2021 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94711

Actions (login required)

View Item View Item