Analisis E-government Dalam Penerapan Aplikasi Sapo Rancak Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang

Ahmad, Rusdi (2021) Analisis E-government Dalam Penerapan Aplikasi Sapo Rancak Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover abstrak.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan)
Bab Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text
Full arus ganteng.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan e-government dalam pelayanan aplikasi Sapo Rancak di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang. DPMPTSP Kota Padang sebagai delegasi yang memiliki wewenang penerbitan perizinan di Kota Padang, menghadirkan inovasi pelayanan perizinan yang dapat dilakukan secara elektronik untuk mempercepat proses perizinan berusaha masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori balanced e-government scorecard oleh Booz, Allen dan Hamilton bersama Bertelsmann Foundation yang menyatakan bahwa terdapat lima dimensi dalam penerapan e-government oleh pemerintah yaitu, manfaat, efisiensi, partisipasi, transparansi, dan manajemen perubahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik pemilihan informan dengan teknik purposive sampling dan menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-government dalam pelayanan aplikasi Sapo Rancak untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus perizinan, secara umum sudah membantu masyarakat, namun belum berjalan dengan maksimal dalam penerapannya. Hal ini dikarenakan masih belum terlaksanannya beberapa indikator yang terdapat pada dimensi penerapan e-government oleh pemerintah pada DPMPTSP Kota Padang. Hal ini dibuktikan pada dimensi manfaat, yaitu indikator kemudahan akses oleh stakeholders. Pada indikator tersebut, masyarakat masih datang ke Mal Pelayanan Publik Kota Padang untuk di ajarkan cara menggunakan layanan aplikasi Sapo Rancak. Kemudian pada dimensi partisipasi, masih belum terpenuhinya dua indikator yang dapat mendukung keterlibatan dan membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan perizinan, yaitu indikator tersedianya fasilitas chatting, forum, mils, dan akses langsung masyarakat melalui web.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putra, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: E-government, Perizinan, Sapo Rancak, DPMPTSP Kota Padang
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:38
Last Modified: 19 Nov 2021 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94623

Actions (login required)

View Item View Item