PENGARUH LATIHAN FISIK TERHADAP KELELAHAN (FATIGUE) PADA ANAK DENGAN ACUTE LYMPHOBLASTIC LEUKEMIA (ALL) YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG

Apriyanti, Apriyanti (2021) PENGARUH LATIHAN FISIK TERHADAP KELELAHAN (FATIGUE) PADA ANAK DENGAN ACUTE LYMPHOBLASTIC LEUKEMIA (ALL) YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT TERBARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Kelelahan (Fatigue) merupakan keluhan yang banyak dirasakan anak dengan ALL pada saat menjalani kemoterapi dan merupakan masalah multidimentional. Kondisi fatigue yang terus menerus dirasakan anak membutuhkan penanganan dari tenaga kesehatan. Untuk mengoptimalkan intervensi latihan fisik peneliti mengkombinasikan latihan fisik dengan teori levine berdasarkan 4 prinsip konservasi sehingga untuk meningkatkan aktifitas pasien selama pengobatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan latihan fisik pada anak dengan ALL yang menjalani kemoterapi. Metode penelitian yaitu kuantitatif dengan Quasy Experimen With Control Group Pre-Test-Post-Test Design. Sampel penelitian ini anak ALL usia 8-13 tahun yang menjalani kemoterapi fase maintanance. Sampel diambil menggunakan teknik consecutive sampling dengan jumlah 22 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner Multidimentional Fatigue Scale. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa rata-rata skala kelelahan pada kelompok intervensi pre test adalah 31.18 dan post test 47.64. Pada kelompok kontrol pre test adalah 27.27 dan post test 39.18. Tingkat fatigue yang dialami anak mengalami penurunan dengan (p=0.000) setelah diberikan latihan fisik berjalan kaki 5 menit, selama 6 kali dalam 14 hari. Adanya keterlibatan tenaga kesehatan sangat diharapkan dalam melakukan pengkajian yang komprehensif terhadap gejala fatigue dan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu intervensi latihan fisik dalam pengelolaan fatigue pada anak dengan leukemia.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Mayetti, Sp. A (K) IBCLC
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Anak; Kelelahan; Kemoterapi; Leukemia; Latihan Fisik. Daftar Pustaka : 60 (2009-2021)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:57
Last Modified: 17 Nov 2021 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94549

Actions (login required)

View Item View Item