UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN AGROWISATA SAWAH SOLOK DI ERA NEW NORMAL (Studi Kasus: Kelurahan KTK, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatra Barat)

Husnul, Khotimah (2021) UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN AGROWISATA SAWAH SOLOK DI ERA NEW NORMAL (Studi Kasus: Kelurahan KTK, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatra Barat). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pariwisata berperan penting dalam meningkatkan perekonomian suatu Negara. Hal yang sama juga berlaku pada kawasan wisata di Agrowisata Sawah Solok. Akan tetapi, pada masa pandemi virus corona, Agrowisata Sawah Solok mengalami penurunan pendapatan karena berkurangnya pengunjung. Untuk meningkatkan pendapatan, pengelolaan kawasan Agrowisata tentu perlu mengembangkan strategi tertentu agar pariwisata Agrowisata Sawah Solok tetap bisa berjalan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini ingin menjawab pertanyaan sebagai berikut; bagaimana tata kelola dan aktivitas wisatawan pada kawasan Agrowisata Sawah Solok di era new normal, dan bagaimana usaha yang dilakukan oleh pengelola dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di era new normal tersebut. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan KTK, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Sedangkan teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu cara penentuan informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria atau pertimbangan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat adanya fenomena masyarakat yang beradptasi dengan lingkungannya untuk meningkatkan ekonomi kehidupan mereka sehari-hari dengan mengandalkan strategi adaptasi dan melihat starategi apa yang mereka gunakan agar tetap bertahan saat kondisi pandemi virus corona ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa New Normal pengelola menjalankan aktivitas wisatawan sesuai dengan standar operasional yang berlaku, seperti telah menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan dan memperbaharui kualitas wahana serta menambah fasilitas lainnya. Usaha untuk meningkatkan pengunjung di era New Normal ini dengan melakukan promosi pada media sosial. Pengelola kawasan Agrowisata Sawah Solok menyediakan sarana pencuci tangan, menyediakan hand sanitizer, dan menerapkan social distancing. Kata Kunci : Strategi, Agrowisata, Adaptasi

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erwin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, Agrowisata, Adaptasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:36
Last Modified: 10 Nov 2021 02:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94286

Actions (login required)

View Item View Item