ANALISIS KERAWANAN BENCANA LONGSOR DI DESA LANTAN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH MENGGUNAKAN DATA GEOLISTRIK DAN DATA CITRA SENTINEL

Syarifatul, Ulfah (2021) ANALISIS KERAWANAN BENCANA LONGSOR DI DESA LANTAN KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH MENGGUNAKAN DATA GEOLISTRIK DAN DATA CITRA SENTINEL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis_Fulltext.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menganalisis kerawanan bencana longsor di Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah dari data geolistrik, curah hujan, pergerakan tanah, dan kemiringan lereng. Data resistivitas diakuisi oleh resistivity meter G-Sound dengan metode konfigurasi dipole dipole, dan divisualisasi menggunakan software RockWorks15. Data lain yang digunakan adalah data curah hujan dan data pergerakan tanah dari data satelit Sentinel-1A yang diolah dengan menggunakan metode DInSAR (Differential Interferometry Synthetic Aperture Radar). Data kemiringan lereng diperoleh berdasarkan data peta kemiringan lereng Kabupaten Lombok Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bidang gelincir diindikasi terletak pada lanau lempung dengan pasir dan arah longsor pada daerah penelitian ke arah Barat laut dengan jenis longsor yang mungkin terjadi merupakan longsor translasi zona tipe A. Bidang gelincir berada pada kedalaman 1,5 m sampai 21,5 m. Curah hujan rata – rata bulanan bervariasi dari rendah s/d tinggi (<100 – 300 mm) dengan pola hujan muson. Pergerakan tanah berupa penurunan muka tanah teramati sebesar -0,27 s/d -0,30 cm/tahun selama tahun 2018 - 2020 dengan rata-rata penurunan muka tanah sebesar -0,285 cm/tahun. Potensi longsor juga terlihat dari nilai kemiringan lereng yaitu sebesar 40o yang dikategorikan sangat curam. Dengan semua kondisi ini, tingkat kerawanan bencana longsor di Desa Lantan termasuk tinggi dan semoga hasil penelitian ini menjadi referensi bagi pihak terkait dalam melakukan upaya untuk meminimalisir dampak dari bencana ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Techn. Marzuki, S.Si., M.Sc.Eng
Uncontrolled Keywords: Longsor, Geolistrik, Bidang Gelincir, Sentinel-1A, Lombok Tengah
Subjects: Q Science > QC Physics
Depositing User: s2 fisika fisika
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:46
Last Modified: 12 Nov 2021 02:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94216

Actions (login required)

View Item View Item