Studi Perilaku Pengendara Pada Implementasi ETLE Di Kota Padang Dengan Theory Of Planned Behavior Dan Theory Of Reasoned Action

Nurul, Atika (2021) Studi Perilaku Pengendara Pada Implementasi ETLE Di Kota Padang Dengan Theory Of Planned Behavior Dan Theory Of Reasoned Action. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju mendorong kepolisian RI mengembangkan sistem informasi yang didukung oleh perangkat lunak berbasis jaringan yang memungkinkan penyebaran informasi secara realtime. Perangkat lunak yang dimaksud adalah Electronic Traffic Law Enforcement atau disingkat ETLE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat terhadap ETLE oleh masyarakat kota Padang, memperoleh perilaku yang akan dilakukan dan perilaku yang dilakukan pengendara pada implementasi ETLE di kota Padang, serta menetapkan rekomendasi implementasi ETLE di kota Padang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dengan membagikan kuisioner kepada masyarakat kota Padang. Metoda yang digunakan untuk menganalisis perilaku pengendara adalah dengan Theory of Planned Behavior (TPB) dan Theory of Reasoned Action (TRA). TPB terdiri dari variabel sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, dan niat terhadap ETLE. TRA terdiri dari variabel tingkat pengetahuan, sikap, norma subjektif, dan niat terhadap ETLE. Setelah dilakukan analisis dengan metode TRA, masyakat sudah paham mengenai ETLE yang ditunjukkan oleh skor rata-rata tingkat pengetahuan sebesar 3,41. Perilaku yang akan dilakukan pengendara pada implementasi ETLE berdasarkan analisis dengan metode TPB adalah berkeinginan dan berencana mematuhi ETLE dengan besar skor rata-rata adalah 3,55. Sedangkan analisis dengan metode TPB menunjukkan skor rata-rata 3,52, yang artinya masyarakat setuju untuk berkeinginan dan berencana mematuhi ETLE. Rekomendasi implementasi ETLE adalah melakukan sosialisasi secara menyeluruh di kota Padang tentang ETLE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Purnawan, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Perilaku, ETLE, TPB, TRA.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:35
Last Modified: 08 Nov 2021 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/94202

Actions (login required)

View Item View Item