ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS: EDUKASI BULLYING DENGAN METODE DISKUSI DAN CERAMAH DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN LEAFLET DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN UNTUK PENCEGAHAN TERJADINYA PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI MAN 1 PADANG PANJANG TAHUN 2021

MAWARNI, - (2021) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS: EDUKASI BULLYING DENGAN METODE DISKUSI DAN CERAMAH DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN LEAFLET DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN UNTUK PENCEGAHAN TERJADINYA PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI MAN 1 PADANG PANJANG TAHUN 2021. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAfus.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FullText)
KIA MAWARNI GABUNG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena perilaku bullying pada remaja ibarat gunung es yang nampaknya kecil di permukaan, namun menyimpan banyak permasalahan. Perilaku bullying dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental pada remaja baik bagi korban maupun pelaku. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya perilaku bullying adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan seperti pendidikan kesehatan edukasi perilaku bullying dengan metode diskusi dan ceramah dan menggunakan media audiovisual . Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan edukasi perilaku bullying pada siswa kelas MAN I Padang Panjang dalam upaya pencegahan dan pengurangan perilaku bullying. Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 17 Februairi – 12 Maret 2021. Siswa yang diberikan implementasi adalah siswa kelas X & X1 sebanyak 10 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner, wawancara Melalui google forms . Hasil kuisioner post- test menunjukkan peningkatan pengetahuan dan sikap siswa terkait perilaku bullying setelah diberikan implementasi. Pengetahuan meningkat dari 10% siswa yang memiliki pengetahuan baik pada pre-test menjadi 70% pada post-test. Sedangkan pada sikap meningkat dari 10% siswa yang memiliki sikap positif pada pre-test menjadi 60% pada post-test. Oleh karena itu, disarankan kepada pihak sekolah untuk melakukan pengawasan dan melanjutkan dalam pemberian edukasi terkait perilaku bullying oleh tenaga pendidik dan bekerja sama dengan dinas terkait seperti puskesmas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri BAnowo, S.Kp. MPH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:37
Last Modified: 29 Oct 2021 02:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93641

Actions (login required)

View Item View Item