ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK H. DENGAN HIPERTERMIA DAN PENERAPAN KOMPRES BAWANG MERAH TERHADAP PENURUNAN SUHU TUBUH PADA ANAK DI DENDANG TAHUN 2021

Andrial, Andrial (2021) ASUHAN KEPERAWATAN PADA ANAK H. DENGAN HIPERTERMIA DAN PENERAPAN KOMPRES BAWANG MERAH TERHADAP PENURUNAN SUHU TUBUH PADA ANAK DI DENDANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (625kB) | Preview
[img] Text (KIA Fulltext)
KIA_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hipertermia adalah keadaan dimana terjadi peningkatan suhu tubuh diatas normal, jika tidak secepatnya diatasi bisa menimbulkan efek yang cukup serius pada anak diantaranya dehidrasi dan kejang demam. Berdasarkan data WHO memperkirakan 500-600 ribu kematian setiap tahunnya diseluruh dunia yang disebabkan oleh hipertermia. Salah satu cara non farmakologi untuk mengatasinya yaitu kompres bawang merah. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan pada anak dengan hipertermia dan penerapan kompres bawang merah terhadap penurunan suhu tubuh pada anak. Didapatkan data bahwa An.H demam sejak siang, anak rewel, ASI yang diberikan tidak habis, hanya dihabiskan 70 ml (botol ukuran 100-150 ml) dan dari hasil pemeriksaan didapatkan badan anak teraba hangat, anak tampak lemah, suhu anak 38,30C. Masalah keperawatan yang ditemukan dari hasil pengkajian adalah hipertermia, resiko defisien volume cairan dan hambatan rasa nyaman. Intervensi yang diberikan adalah perawatan demam, manajemen cairan, manajemen lingkungan: kenyamanan dan intervensi non farmakologi kompres bawang merah yang sesuai dengan evidence based nursing. Implementasi diberikan selama empat hari mulai dari tanggal 23 sampai 26 februari 2021. Hasil evaluasi masalah keperawatan dapat teratasi semua dan penerapan evidance based nursing yaitu kompres bawang merah dapat diterapkan serta dapat menurunkan suhu tubuh anak. Terapi kompres bawang merah dapat dijadikan sebagai intervensi non farmakologis dalam melakukan asuhan keperawatan untuk menurunkan demam pada anak. Kata Kunci : Kompres bawang merah, Hipertermia, Penurunan suhu tubuh anak Daftar pustaka : 51 (2011-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta,S.Kep., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:34
Last Modified: 27 Oct 2021 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93452

Actions (login required)

View Item View Item