MARKETING POLITIK MUHAMMAD GHANDI FAISAL SIREGAR DI KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN PADA PEMILIHAN ANGGOTA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2019

ARDI, AL MUPALI PRANATA (2021) MARKETING POLITIK MUHAMMAD GHANDI FAISAL SIREGAR DI KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN PADA PEMILIHAN ANGGOTA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak baru.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup/Kesimpulan))
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka skripsi.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL untuk di upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena politik yang terjadi pada pemilihan legislatif Kabupaten Labuhan Batu Selatan tahun 2019. Salah satu fenomena yang menarik adalah kemenangan calon legislatif Muhammad Gandhi Faisal Siregar yang di usung Partai Amanat Nasional. Pada awal kampanye, Muhammad Gandhi Faisal Siregar ragu bisa menang,akan tetapi dengan proses marketing politik yang dilakukan dan modal sosial yang dimilikinya, sehingga berhasil memenangkan kontestasi pemilihan legislatif di dapil 6 yaitu Kabupaten Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan dan berhasil meraih suara tertinggi di Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan marketing politik Muhammad Gandhi Faisal Siregar yaitu Produk, Promosi, Harga, Tempat yang dilakukan pada Pemilihan Legislatif di Kabupaten Labuhan Batu Selatan tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Dengan menggunakan teori marketing politik menurut Firmanzah (2012) yaitu 4p : Produk, Promosi, Harga, Tempat, dari hasil penelitian menunjukan bahwa pada pelaksanaan marketing politik Muhammad Gandhi Faisal Siregar dilihat dari produk, Muhammad Gandhi Faisal Siregar menawarkan konsep pembangunan dan gagasan pembaharuan kepada pemilih dengan memanfaatkan isu politik dan identitas diri, dengan memanfaatkan modal sosial Muhammad Gandhi Faisal siregar dan bapaknya. Promosi yang dilakukan dengan menggunakan media kartu nama, stiker, kalender dan baliho. Harga dari segi ekonomi dana yang dikeluarkan untuk mencetak kartu nama, stiker, kalender, baliho dan relawan, dari segi psikologis Muhammad Gandhi Faisal Siregar menghadirkan suasana yang nyaman terhadap masyarakat pemilih dengan memanfaatkan modal sosial yang dimiliki dan menjaga komunikasi yang baik dengan pemilih sehingga menciptakan citra yang baik kepada pemilih. Tempat Muhammad Gandhi Faisal Siregar adalah basis suara yang dimilikinya periode lalu dan memanfaatkan beberapa perusahaan serta jaringan kekerabatan hingga marga dirinya dan juga memanfaatkan rekan kerja istri dan adiknya seperti golongan ASN (Aparatur Sipil Negara). Modal sosial yang dimiliki oleh Muhammad Gandhi Faisal Siregar dan bapaknya juga menjadi faktor penting dalam mendukung proses marketing Politik Muhammad Gandhi Faisal Siregar pada pemilihan umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra,MA
Uncontrolled Keywords: Pemilu Legislatif, marketing politik, produk, promosi, harga, tempat, modal sosial
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 27 Oct 2021 06:49
Last Modified: 27 Oct 2021 06:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93447

Actions (login required)

View Item View Item