ASUHAN KEPERAWATAN PADA An. N DENGAN ASMA DAN PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI PERNAFASAN BALLOON BLOWING TERHADAP PENINGKATAN SATURASI OKSIGEN DAN PENURUNAN FREKUENSI PERNAFASAN DI KECAMATAN KOTO TANGAH

Shilda, Suresci Harsel (2021) ASUHAN KEPERAWATAN PADA An. N DENGAN ASMA DAN PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI PERNAFASAN BALLOON BLOWING TERHADAP PENINGKATAN SATURASI OKSIGEN DAN PENURUNAN FREKUENSI PERNAFASAN DI KECAMATAN KOTO TANGAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Asma merupakan masalah kesehatan yang penting pada anak jika tidak diatasi dengan baik maka akan mengakibatkan penururnan kualitas hidup, hambatan aktivitas, gangguan istirahat tidur hingga kematian. Angka kejadian asma di dunia diperkirakan sebesar 6% pada dewasa dan 10% pada anak. Prevalensi asma di Indonesia sebesar 2,4 % semua umur dan pada usia 1-4 tahun angka kejadian asma sebesar 1,6%. Tujuan dari karya ilmiah ini adalah menerapkan asuhan keperawatan pada An. N dengan asma dan penerapan teknik relaksasi pernafasan balloon blowing terhadap peningkatan saturasi oksigen dan penurunan frekuensi pernafasan di kecamatan Koto Tangah. Karya ilmiah ini menggunakan metode studi kasus, sedangkan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan proses keperawatan. Untuk mengatasi masalah keperawatan ketidakefektifan pola napas dengan menggunakan penerapan evidence based practice teknik relaksasi pernafasan tiup balon. Hasil akhir dari pemberian asuhan keperawatan ini terlihat adanya pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan saturasi oksigen dan penurunan pernafasan pada An. N dengan asma. Diharapkan kepada perawat karya ilmiah ini agar dapat dijadikan acuan dalam memberikan asuhan keperawatan pada anak asma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M. Biomed
Uncontrolled Keywords: asma, teknik pernafasan, tiup balon, saturasi oksigen, pernafasan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:03
Last Modified: 29 Oct 2021 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93443

Actions (login required)

View Item View Item