ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN APENDIKSITIS POST LAPARATOMI DENGAN APLIKASI AROMATERAPI LEMON UNTUK MENGURANGI RASA NYERI DI IRNA BEDAH RSUP DR. M DJAMIL PADANG

SANDRI, SANDRI (2021) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN APENDIKSITIS POST LAPARATOMI DENGAN APLIKASI AROMATERAPI LEMON UNTUK MENGURANGI RASA NYERI DI IRNA BEDAH RSUP DR. M DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak new.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL)
KIA LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Apendisitis ini merupakan suatu proses peradangan akut maupun kronis yang terjadi pada apendik vemiform karena adanya sumbatan yang terjadi pada lumen apendik. Laparatomi adalah suatu tindakan pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat apendik. Pembedahan ini akan menimbulkan adanya sayatan menyebabkan kerusakan integrits kulit yang akan menimbulkan nyeri. Nyeri yaitu pengalaman emosional yang tidak menyenangkan. Nyeri post operasi merupakan reaksi kompleks pada jaringan yang terluka, sehingga diperlukan penatalaksanaan nyeri secara non-fakrmakologi yaitu dengan pemberian aromaterapi lemon. Aromaterapi lemon dapat mengurangi nyeri karena mengandung linalool. Karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan penerapan aromaterapi lemon pada asuhan keperawatan pada pasien apendisitis post lapratomi untuk mengurangi nyeri. Metode penulisan dengan studi kasus, penerapan Evidence Based Nursing (EBN) aromaterapi lemon. Prosedur pelaksanaan dengan melakukan asuhan keperawatan, memberikan aromaterapi lemon selama 30 menit dalam 3 hari dan mempraktekannya, Hasil penatalaksanaannya didapatkan adanya penurunan skala nyeri sebesar 0.67. Selama pemberian aromaterapi lemon tidak ditemukan adanya efek samping. Disarankan untuk perawat dan rumah sakit untuk memaksimalkan asuhan keperawatan pada pasien dengan appendisitis post laratomi degan aplikasi teknik pemberian lemon. Kata Kunci : Appendisitis, Post Laparatomi, aromaterapi lemon Datar Pusaka : 61 (2000-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:57
Last Modified: 25 Oct 2021 02:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93111

Actions (login required)

View Item View Item