Pendekatan Skrining Molekuler Dalam Investigasi Kemampuan Senyawa-senyawa Bioaktif Dari Curcuma zedoaria Sebagai Inhibitor HER2

Amelinda, Rama (2021) Pendekatan Skrining Molekuler Dalam Investigasi Kemampuan Senyawa-senyawa Bioaktif Dari Curcuma zedoaria Sebagai Inhibitor HER2. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup/Kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kanker payudara merupakan kanker yang paling sering didiagnosis pada kalangan wanita dan menempati urutan kedua penyebab kematian akibat kanker diseluruh dunia pada tahun 2020. Human Epidermal Growth Factor Receptor 2 (HER2) adalah bagian dari empat anggota kelompok reseptor HER2 yang mengarah pada proliferasi, diferensiasi dan inhibisi dari apoptosis. Ekspresi berlebih dari HER2 berkaitan dengan penyakit yang lebih agresif dengan tingkat kekambuhan yang lebih tinggi. Beragam bioaktivitas dari zat aktif yang dimiliki oleh senyawa bahan alam telah diuji sebagai inhibitor, diantaranya kunyit putih (Curcuma zedoaria). Dalam beberapa studi, ekstrak dan minyak esensial tanaman ini menunjukkan sifat antioksidan yang menjanjikan dan sitotoksik terhadap lini sel kanker. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memprediksi potensi senyawa-senyawa bioaktif dari C. zedoaria dengan menargetkan HER2 melalui simulasi molekular docking. Stabilitas konformasi yang terbentuk menjadi parameter utama dalam penilaian afinitas docking. Hasilnya menunjukkan bahwa enam dari 33 senyawa dari C. zedoaria berpotensi sebagai inhibitor HER2. Afinitas ikatan dari dihydrocurcumin, curcumin, tetrahydrodemethoxycurcumin, zerumin A, demethoxycurcumin dan bisdemethoxycurcumin adalah 7,4359 kcal/mol, -6,8372 kcal/mol, -6,6454 kcal/mol, -6,3360 kcal/mol, -6,3148 kcal/mol and -6,3148 kcal/mol, berturut-turut. Afinitas penghambatan senyawa-senyawa tersebut hampir sama dengan afinitas lapatinib sebagai senyawa acuan untuk kemampuan inhibitor HER2. Kata kunci: HER2, Inhibitor, Curcuma zedodaria, Molecular docking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. rer. nat. Syafrizayanti
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:59
Last Modified: 22 Oct 2021 03:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/93106

Actions (login required)

View Item View Item