Nadia, Amalia (2021) KOMUNIKASI PROMOSI WISATA DIGITAL VAN DER CAPELLEN BATUSANGKAR MELALUI MEDIA SOSIAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB AKHIR - PENUTUP.pdf - Published Version Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (292kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pasar Van der Capellen adalah destinasi digital pariwisata yang berada di Batusangkar Sumatera Barat.Pasar ini merupakan inisiatif baru Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Tanah Datar yang didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.GenPI Tanah Datar mempromosikan Pasar Van der Capellen melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook, dengan tujuan jangkauan masyarakat yang lebih luas.Sebagai destinasi digital, Pasar Van der Capellen memiliki keunikan yang membuatnya berbeda dibandingkan pasar lainnya.Keunikan tersebut bukan cuma dari kuliner yang serba tradisional, tetapi juga suasana pasar yang berkesan tempo dulu. Terlihat dari lapak, alat tukar, hingga busana pedagang di sana yang ala zaman dahulu. Apalagi lokasi pasar yang berada di bekas benteng peninggalan Belanda, yaitu Benteng Van der Capellen, membuat pasar ini semakin menarik untuk dikunjungi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi secara digital yang dilakukan oleh GenPI Tanah Datar dalam mempromosikan Pasar Van der Capellen. Selain itu untuk mengetahui cara yang dilakukan tim GenPI Tanah Datar mengelola informasi di media sosial, bagaimana mereka mengelola umpan balik dari pengunjung dan pengguna media sosial, serta pengaruhnya pada jumlah kunjungan.Dalam hal ini, penulis menggunakan konsep marketing mix 7P. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan paradigma konstruktivisme.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran destinasi digital Pasar Van der Capellen, telah meliputi 7P. Penulis menitikberatkan pembahasan pada proses promosi melalui media sosial.Promosi yang dilakukan melalaui platform Instagram dan Facebook berupa foto dan video menonjolkan sisi keunikan pasar, baik itu secara fisik maupun konsep acara yang akan diselenggarakan. Selain itu GenPI Tanah Datar juga menggunakan bahasa yang lebih akrab dengan kawula muda dan menggunakan fitur-fitur di media sosial yang membuat akunnya bisa lebih mudah dijangkau pemirsa online secara luas.Tak ketinggalan, GenPI Tanah Datar juga menindaklanjuti umpan balik yang diterima, seperti merespon komentar follower atau menerima saran mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Sarmiati,M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Pasar Van der Capellen, Unik, Media sosial, Marketing Mix |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 05:00 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 05:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92863 |
Actions (login required)
View Item |