Pendugaan Umur Simpan Nugget Ikan Rinuak (Psilopsis, sp) dengan Penambahan Tepung Sagu dan Labu Kuning Disimpan Dalam Kemasan Polipropilen, Kondisi Vakum dan Variasi Suhu Penyimpanan Menggunakan Metoda Arrhenius

LILI, MARLINA (2021) Pendugaan Umur Simpan Nugget Ikan Rinuak (Psilopsis, sp) dengan Penambahan Tepung Sagu dan Labu Kuning Disimpan Dalam Kemasan Polipropilen, Kondisi Vakum dan Variasi Suhu Penyimpanan Menggunakan Metoda Arrhenius. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img] Text (tesis fulltext)
Tesis Lili Marlina Perbanyak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ikan rinuak merupakan ikan berukuran kecil yang hanya dijumpai di Danau Maninjau. Ikan rinuak dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan namun tidak begitu beragam dan memiliki nilai jual yang rendah. Begitu juga dengan produksi labu kuning yang begitu melimpah dan penganekaragamannya belum maksimal. Tepung sagu dapat digunakan sebagai bahan pengikat dalam pembuatan nugget sehingga aktifitas air produk menjadi rendah dan membatasi pertumbuhan mikroba. Nugget ikan dari ikan rinuak, tepung sagu dan labu kuning dapat meningkatkan nilai tambah dari produk tersebut. Untuk mendapatkan produk yang lebih baik lagi, dilakukan proses pengemasan dan penyimpanan yang baik dan tepat sehingga dapat memperpanjang umur simpan dari nugget ikan rinuak tersebut. Penelitian ini bertujuan Mendapatkan formulasi yang paling disukai antara ikan rinuak dengan tepung sagu dan labu kuning berdasarkan uji organoleptik dan menentukan umur simpan nugget ikan rinuak formulasi paling disukai yang menggunakan metoda Arrhenius. Penelitian dilakukan 2 (dua) tahapan yaitu tahap pertama mendapatkan formula yang paling disukai antara ikan rinuak, tepung sagu dan labu kuning. Tahap kedua yaitu menentukan umur simpan produk dari formula yang paling disukai dengan parameter kadar air dan jumlah mikroba menggunakan metoda Arrhenius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula nugget yang paling disukai adalah perlakuan C (ikan rinuak : tepung Sagu : labu kuning = 70% : 15% : 15%). Selanjutnya umur simpan nugget yang paling disukai sampai penyimpanan hari ke 97 pada suhu -15°C dengan parameter jumlah mikroba dan persentase kadar air masih memenuhi standar SNI 7758 Tahun 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novelina, MS
Uncontrolled Keywords: Ikan Rinuak, Nugget, Tepung Sagu, Labu Kuning, Umur Simpan, Arrhenius
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknologi industri pertanian
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:42
Last Modified: 13 Oct 2021 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92860

Actions (login required)

View Item View Item