ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG UNTUK MENILAI KEMAMPUAN KOMERSIALISASI PRODUK HASIL RISET DARI KAPABILITAS INVENTOR

Angga, Argantha Putra (2021) ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG UNTUK MENILAI KEMAMPUAN KOMERSIALISASI PRODUK HASIL RISET DARI KAPABILITAS INVENTOR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perekonomian dunia menuju kearah terbentuknya perdagangan global yang menyebabkan pelaku industri perlu melakukan tindakan inovatif agar tetap kompetitif. Tindakan inovatif yang dapat dilakukan adalah berinvestasi pada pengembangan dan riset. Namun, tidak semua perusahaan memiliki departemen riset internal. Solusi yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengatasi hal tersebut adalah menjalin kerjasama dengan universitas. Salah satu universitas yang aktif dalam melakukan riset dan pengembangan adalah Universitas Andalas. Berdasarkan data dari Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM), pada tahun 2020, Universitas Andalas telah memperoleh 235 paten terdaftar. Namun, hanya 50 produk atau sekitar 21% yang sampai ke tahap komersialisasi dan masuk ke industri. Berdasarkan penelitian terdahulu, untuk mengatasi permasalahan pada proses komersialisasi produk hasil riset, maka perlu ditetapkan kriteria untuk menilai kemampuan komersialisasi produk hasil riset. Kriteria tersebut yaitu teknologi, pemasaran, keuangan, kekayaan intelektual, sumber daya manusia, pemerintah dan dampak non-finansial. Populasi pada penelitian ini yaitu dosen Universitas Andalas yang berjumlah 1.382 orang, jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 107 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Software SmartPLS3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel teknologi, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan kekayaan intelektual berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kemampuan komersialisasi produk hasil riset di Universitas Andalas. Sedangkan variabel dampak non finansial dan pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komersialisasi produk hasil riset di Universitas Andalas. Jika diurutkan berdasarkan signifikansinya maka urutannya yaitu dampak non finansial, pemerintah, kekayaan intelektual, teknologi, sumber daya manusia, pemasaran, dan keuangan. Dengan nilai t-statistic secara terurut yaitu 4.253, 2.274, 1.549, 0.981, 0.434, 0.155, dan 0.01

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Afri Adnan, M.T.
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Kriteria Kemampuan komersialisasi produk hasil riset, Structural Equation Modeling (SEM), Uji Outer Model, Uji Inner Model
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:47
Last Modified: 04 Oct 2021 08:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92373

Actions (login required)

View Item View Item