PERILAKU KOMUNIKASI ANTARPEMAIN GAME ONLINE FREE FIRE (Studi Kasus pada Siswa SMAN 2 Padang saat Bermain Free Fire)

Cahyati, cahyati (2021) PERILAKU KOMUNIKASI ANTARPEMAIN GAME ONLINE FREE FIRE (Studi Kasus pada Siswa SMAN 2 Padang saat Bermain Free Fire). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK+COVER.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

Free fire merupakan game online battle royale yang mempunyai misi menantang bagi para pengguna media online. Game online free fire merupakan salah satu game online terpopuler di Google Play Store yang memiliki peminat terbanyak diantara game online battle royale lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bermain game online free fire dan mendeskripsikan perilaku komunikasi siswa dalam bermain game online free fire. Penelitian ini menggunakan teori atribusi yang diusulkan oleh Frits Heider pada tahun 1958 bahwa atribusi menjelaskan sebab akibat dari suatu tindakan yang dilakukan pada siswa SMAN 2 Padang dalam bermain game online free fire. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstuktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, sedangkan keabsahan data dicek menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka temuan dari penelitian ini adalah proses bermain game online berawal dari tidak tahu sama sekali mengenai game ini, tetapi sering memainkan game lainnya. Selain itu, siswa melihat dan diajak teman sekitar untuk bermain free fire sehingga muncul keinginan diri untuk bermain game online free fire tersebut. Setelah itu, siswa mendownload game online free fire dan mencoba memainkan game online tersebut. Game online ini membuat siswa tertarik dan berlanjut untuk menggunakannya. Selain tertarik, tujuan bermain game online ini diantaranya dapat meraih prestasi di bidang non akademik dengan mengikuti e-Sports yang diselenggarakan oleh Garena untuk pelajar dan siswa. Perilaku komunikasi siswa SMAN 2 Padang dalam bermain game online free fire memiliki 3 perilaku: spontan, kebiasaan, dan sadar. Perilaku komunikasi muncul saat mulai memainkan game hingga berakhirnya permainan game online ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Game online free free, Siswa SMAN 2 Padang, Perilaku Komunikasi, Atribusi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:20
Last Modified: 11 Oct 2021 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/92356

Actions (login required)

View Item View Item