POLA ASUH SANTRI DI SEKOLAH BERBASIS PONDOK PESANTREN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Padang)

Ayuni, Mahendra (2021) POLA ASUH SANTRI DI SEKOLAH BERBASIS PONDOK PESANTREN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrack)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB1.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya ditujukan untuk menyiapkan manusia menghadapi masa depan agar lebih sejahtera baik sebagai individu maupun masyarakat. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang dipercaya oleh masyarakat dalam membentuk anak agar sesuai dengan tujuan pendidikan. Meskipun lingkungan pesantren mampu memelihara dan melaksanakan norma agama semaksimal mungkin, hidup berdampingan dengan kiai, dididik oleh kiai, dan menekankan pentingnya moral keagamaan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak sedikit santri yang melanggar peraturan atau tata tertib pesantren. Pengasuhan yang diterapkan oleh pihak pesantren sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya kasus pelanggaran yang dilakukan oleh santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengasuhan yang dilakukan oleh pihak pesantren serta bagaimana penerapan aturan dijalankan. Penelitian ini menggunakan penjelasan pola asuh demokratis, liberal, otoriter. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Dengan wawancara mendalam dan melakukan observasi maka hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) pengasuhan yang dilakukan dengan cara demokratis, liberal, dan otoriter. (2) pengasuhan demokratis seperti guru yang tinggal di lingkungan pesantren memperbolehkan santri berkunjung ke kediaman mereka untuk menaanyakan pelajaran yang belum dimengerrti, guru melakukan pendekatan kepada santri. Tindakan tersebut dapat membuat santri berperilaku seperti apa yang diharapkan (3) pengasuhan liberal seperti santri menawarkan kepada santri yang sulit diatur untuk keluar dari pesantren, melaksanakan sistem penyetoran hukuman dan penumpukan pelanggaran (4) pengasuhan otoriter dalam menerapkan aturan sejauh ini dapat membuat santri takut untuk melanggar, seperti pemecahan HP santri yang ketangkap tanpa ada negosiasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Azwar Dr. M.Si
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Penerapan Aturan, Guru, Pelanggaran, Santri, Pondok Pesantren
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 01 Oct 2021 08:35
Last Modified: 01 Oct 2021 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91703

Actions (login required)

View Item View Item