IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK NAGARI MADANI NAGARI LUBUK MALAKO KECAMATAN SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN

Suherdian, Antoni (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK NAGARI MADANI NAGARI LUBUK MALAKO KECAMATAN SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Upload.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis Suherdian Antoni)
Full Tesis Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sebagai pemerintah terdepan Nagari berwenang mengelola aset dan potensi yang dimiliki melalui Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) yang diharapkan dapat memaksimalkan pengelolaan potensi yang ada di nagari dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di nagari dan menjadi sumber pendapatan asli nagari. Penelitian ini bertujuan menggambarkan implementasi kebijakan pengelolaan BUMNag dengan menggunakan teori Van Meter dan Van Horn. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif dengan unit analisisnya BUMNag Madani Nagari Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara mendalam, obsevasi dan pemamfaatan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan pengelolaan BUMNag Madani belum berjalan dengan baik, AD, ART pedoman yang sah dan legal yang di dalamnya tertuang tujuan dan sasaran kebijakan yang terukur dan Jelas tidak dipedomani para pelaksana, kondisi lingkungan ekternal yang tidak kondusif juga ikut mempengaruhi, ditambah hubungan antar implementor yang masih memiliki hubungan kekeluargaan menyebabkan rendahnya profesionalisme kerja dan membuat lemahnya disposisi pimpinan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan perlunya penguatan pemahaman dan kapasitas para pelaksana dalam pengelolaan BUMNag Madani Nagari Lubuk Malako.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Syamsurizaldi, S,IP,SE, MM
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Pengelolaan, Badan Usaha Milik Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 01 Oct 2021 08:18
Last Modified: 01 Oct 2021 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91659

Actions (login required)

View Item View Item