LAILATUL, HIMNI (2021) PENGALAMAN KOMUNIKASI BAGI PENGUSAHA DALAM MENUMBUHKAN ENTREPRENEUR (Studi Fenomenologi Anggota HIPMI BPC Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTARK-converted.pdf - Published Version Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
BAB I PENDAHULUAN-converted.pdf - Published Version Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (bab akhir)
BAB AKHIR (PENUTUPAN)-converted.pdf - Published Version Download (43kB) | Preview |
|
Text (tesis fulltext)
TESIS LAILATUL HIMNI 1920862026-converted.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Lailatul Himni Program Studi : Magister Ilmu Komunikasi Judul : “Pengalaman Komunikasi bagi Pengusaha dalam Menumbuhkan Entrepreneur (Studi Fenomenologi Anggota HIPMI BPC Kota Padang)” Indonesia memiliki wirausaha yang beragam dan memiliki keberhasilan yang berbeda-beda. Keberhasilan yang diperoleh merupakan dampak dari pengalaman komunikasi pelaku usaha dalam membangun usahanya. Memperhatikan kondisi ini, pembekalan dan penanaman entrepreneur perlu dilakukan supaya dapat memotivasi seseorang untuk melakukan kegiatan wirausaha. Penanaman entrepreneur dapat diciptakan dari pengalaman yang diperoleh pengusaha dalam membangun usahanya. Ketika seseorang memiliki jiwa entrepreneur, maka tentu akan terus dapat bertahan saat usahanya mengalami kesulitan. Nilai entrepreneur dalam dunia usaha juga berperan sebagai modal untuk persaingan dari berbagai lingkungan bisnis. Melalui penelitian kualitatif dan mengolah data menggunakan teori fenomenologi Edmund Husserl, peneliti akan mengamati pengalaman komunikasi pengusaha dalam usahanya sehingga dapat menemukan tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengalaman komunikasi yang menumbuhkan jiwa dan memaknai nilai entrepreneur. Pada organisasi HIPMI BPC Kota Padang juga menjadikan semangat entrepreneur sebagai bahan bakar untuk anggotanya yaitu para pelaku usaha agar tetap mampu berinovasi dan bertahan dengan segala bentuk perubahan dunia yang serba cepat. Komunikasi yang dilakukan pengusaha sebagai pemimpin dapat menjadi komunikasi yang efektif sehingga berdampak pada keberhasilan usaha, namun komunikasi yang tidak efektif ternyata mampu memberikan pengalaman yang berharga dikemudian hari. Penelitian ini menemukan pengalaman komunikasi pengusaha dalam menciptakan jiwa entrepreneur berasal dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini meliputi ketertarikan dan passion pengusaha dalam berbisnis atau berdagang. Faktor eksternal adalah pada pengaruhi latar belakang keluarga seperti bisnis yang merupakan turunan orang tua, pendidikan yang ditempuh serta dukungan tempat pengusaha bergaul. Tumbuhnya nilai entrepreneur ini menyebabkan pemaknaan entrepreneur itupun sangat beragam. Makna entrepreneur dapat diartikan sebagai semangat dalam berani mengambil resiko, memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kontrol diri, dapat memotivasi diri dengan baik, percaya diri yang tinggi, dapat menginspirasi bagi pelaku usaha maupun masyarakat, menjunjung tinggi nilai kejujuran, memiliki kreatifitas yang tinggi dan dapat membuka lapangan pekerjaan sehingga berperan langsung dalam membantu Negara mengatasi pengangguran. Kata Kunci: Entrepreneur, Pengalaman Komunikasi, Makna
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 08:33 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 08:33 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/91109 |
Actions (login required)
View Item |