EVALUASI KUALITAS TITONIA ( Tithonia diversifolia) YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Lactobacillus plantarum DAN Aspergillus ficuum PADA LAMA FERMENTASI YANG BERBEDA

Riki Hiskia, Candra (2021) EVALUASI KUALITAS TITONIA ( Tithonia diversifolia) YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Lactobacillus plantarum DAN Aspergillus ficuum PADA LAMA FERMENTASI YANG BERBEDA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Titonia (tithonia diversifolia) yang difermentasi menggunakan Lactobacillus plantarum dan Aspergillus ficuum pada lama fermentasi yang berbeda. Penelitian ini terdiri dari 2 tahap. Tahap 1 fermentasi Titonia menggunakan Rancangan Acak Lengkap faktorial 2x3 dengan 3 ulangan dengan tujuan melihat kandungan nutrisi dan aktivitas enzim fitase. Faktor A adalah jenis mikroba (Lactobacillus plantarum dan Aspergillus ficuum) dan faktor B adalah lama fermentasi (3,5, dan 7 hari). Parameter yang diamati yaitu: kandungan bahan kering, bahan organik, protein kasar, serat kasar dan aktivitas enzim fitase. Tahap 2 evaluasi secara in-vitro menggunakan Rancangan Acak Kelompok 4 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan pengambilan cairan rumen yang bertujuan untuk melihat kecernaan nutrisi dan karakteristik cairan rumen. Perlakuan penelitian tahap 2 merupakan hasil terbaik pada tahap 1, yaitu : A = Aspergillus ficcum + 5 hari fermentasi, B = Aspergillus ficuum + 7 hari fermentasi, C = Lactobacillus plantarum + 3 hari fermentasi, D = Lactobacillus plantarum + 5 hari fermentasi. Parameter yang diamati adalah KCBK, KCBO, KCPK, KCSK, pH rumen, produksi VFA serta NH3 cairan rumen. Hasil penelitian tahap 1 menunjukan bahwa terdapat interaksi antara jenis mikroba dan lama fermentasi, perlakuan memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap BO dan SK, serta berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan PK dan aktivitas enzim fitase, akan tetapi tidak terdapat interaksi terhadap BK perlakuan. Hasil penelitian tahap 2 menunjukkan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap KCBK dan KCBO, namun berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap KCPK dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) nyata terhadap KCSK. Perlakuan juga memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap produksi VFA, akan tetapi berbeda nyata (P<0,05) terhadap produksi NH3. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa perlakuan terbaik terdapat pada fermentasi Titonia menggunakan Aspergillus ficcum pada lama fermentasi 7 hari dengan kandungan PK (31,02%), SK (16,52%), aktivitas enzim fitase (37,46 U/ml), KCBK (66,86%), KCBO (67,36%), KCSK (81,01%) dan KCPK (71,50%), produksi VFA 135 mM dan konsentrasi NH3 14,31 mg/100 ml, serta nilai pH 6,72 yang sangat cocok untuk mikroba rumen. Kata Kunci : Titonia, Lactobacillus plantarum, Aspergillus ficuum, aktivitas enzim, kecernaan zat makanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu ternak
Date Deposited: 15 Oct 2021 08:26
Last Modified: 15 Oct 2021 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/89089

Actions (login required)

View Item View Item