Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemakaian Alat Kontrasepsi Pada Ibu Pasangan Usia Subur Di Kelurahan Parak Laweh Kota Padang Tahun 2021

Desi, Kurniawati (2021) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemakaian Alat Kontrasepsi Pada Ibu Pasangan Usia Subur Di Kelurahan Parak Laweh Kota Padang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pemakaian alat kontrasepsi merupakan salah tujuan program KB. Pemakaian alat kontrasepsi pada ibu di Kelurahan Parak Laweh pada tahun 2020 yaitu (14,52%) dari target capaian KB kota Padang yaitu (35%). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemakaian alat kontrasepsi pada ibu pasangan usia subur di Kelurahan Parak Laweh Kota Padang Tahun 2021. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi adalah PUS sebanyak 845 dengan sampel 191 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode quota sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data di analisis secara univariat, bivariat dan multivariat menggunakan uji statistik chi-square dengan derajat kepercayaan 95 % dengan p value < 0,05. Hasil analisis bivariat terdapat hubungan yang bermakna antara pemakaian alat kontrasepsi dengan tingkat pengetahuan (p=0,01), sikap ibu (p=0,019), dukungan keluarga (p=0,003), mengatur jarak kehamilan (p=0,000), dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pemakaian alat kontrasepsi dengan membatasi jumlah anak (p=0,147), dan tingkat pendidikan ibu (p=0,229). Kesimpulan adanya hubungan tingkat pengetahuan, sikap ibu, dukungan keluarga, mengatur jarak kelahiran, membatasi jumlah anak. Variabel yang paling berpengaruh adalah mengatur jarak kehamilan, untuk itu harapkan pada petugas kesehatan untuk meningkatkan sosialisasi tentang KB melalui penyuluhan, spanduk, poster, pamflet dan media lainnya kepada masyarakat terutama PUS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mery Ramadani, SKM. MKM
Uncontrolled Keywords: Pemakaian alat kontrasepsi, tingkat pengetahuan, PUS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:07
Last Modified: 28 Sep 2021 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84233

Actions (login required)

View Item View Item