ANALISIS PERSEPSI ORANG DENGAN HIV (ODHIV) TERHADAP RISIKO PENULARAN COVID-19 DI PUSKESMAS SEBERANG PADANG KOTA PADANG TAHUN 2021

M. ANGGA, MAHALTA (2021) ANALISIS PERSEPSI ORANG DENGAN HIV (ODHIV) TERHADAP RISIKO PENULARAN COVID-19 DI PUSKESMAS SEBERANG PADANG KOTA PADANG TAHUN 2021. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
KARYA ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Orang yang hidup dengan HIV (ODHIV) merupakan kelompok yang memiliki sitem imun yang lemah. Selain HIV, dunia juga sedang dihadapkan pada pandemi COVID-19. Angka kejadian COVID-19 tiap waktunya terus mengalami peningkatan hingga gelombang ketiga saat ini. ODHIV menjadi kelompok yang perlu mendapatkan perhatian lebih dalam menghadapi pandemi ini. Salah satu cara untuk memulai tindakan pencegahan adalah dengan melihat persepsi dari agregat yang akan dilindungi. Tingkat kewaspadaan seseorang terhadap suatu kejadian bisa dilihat dari bagaimana pandangannya terhadap obyek yang akan dipersepsikan. Penggalian persepsi ODHIV dapat memberikan gambaran bagaimana mereka memandang dan menghadapi COVID-19. Desain penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pemilihan partisipan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan teknik Colaizzi. Didapatkan sepuluh tema dalam penelitian ini yaitu pandangan ODHIV tentang COVID-19, perasaan ODHIV dalam menghadapi COVID-19, kesadaran akan perbedaan kondisi imun dan sebagai kelompok rentan, keyakinan terhadap ARV memperkuat imun tubuh, pandangan ODHIV tentang risiko penularan COVID-19, pandangan ODHIV terhadap protokol kesehatan, aktivitas yang memperkuat sistem imun, dukungan sosial, adaptasi pelayanan puskesmas selama pandemi, persepsi ODHIV terhadap vaksinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ODHIV merupakan populasi rentan yang perlu mendapatkan perhatian lebih terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Kerjasama antara petugas pelayanan kesehatan, pengambil kebijakan harus ditingkatkan untuk menjangkau dan melindungi populasi ODHIV.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp, M.Kes, Sp.Kom
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: COVID-19, HIV, persepsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:16
Last Modified: 28 Sep 2021 04:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84214

Actions (login required)

View Item View Item