STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN POST TRAUMATIC STRESS DISORDER (PTSD) PADA ANAK KORBAN KEKERASAN DI PROVINSI SUMATERA BARAT

Alita, Devi (2021) STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN POST TRAUMATIC STRESS DISORDER (PTSD) PADA ANAK KORBAN KEKERASAN DI PROVINSI SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover &abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB Akhir alita.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img] Text (tesis fulltext)
Tesis Lengkap ALITA DEVI 1821312027 OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kekerasan yang pernah dialami anak dapat menimbulkan pengalaman traumatik bagi anak. Pengalaman traumatik tersebut dapat berlanjut menjadi gangguan stres atau yang dikenal dengan istilah Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi pengalaman PTSD anak korban kekerasan di Sumatera Barat. Desain penelitian menggunakan pendekatan studi fenomenologi. Anak remaja berusia 12-17 tahun yang teridentifikasi mengalami PTSD berdasarkan data/laporan dari DP3AP2KB dan Dinas Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat. Sebanyak sepuluh orang anak remaja dari enam wilayah Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat berpartisipasi dalam penelitian hingga selesai. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara indepth interview. Analisis data menggunakan teknik Collaizi. Hasil penelitian menemukan ada empat tema yang menggambarkan pengalaman PTSD anak korban kekerasan yaitu; respon terkait gejala PTSD yang dirasakan anak korban kekerasan dengan PTSD, sumber pendukung yang dimiliki anak korban kekerasan dengan PTSD, dampak PTSD terhadap anak korban kekerasan,dan harapan anak korban kekerasan dengan PTSD terhadap perkembangan psikososial. Temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan oleh praktisi Keperawatan baik di area praktik maupun area pendidikan untuk mengembangkan cara penanganan anak korban kekerasdan dengan PTSD. Penelitian ini merekomendasikan agar perawat memahami konsep PTSD pada anak korban kekerasan sehingga mampu memberikan intervensi keperawatan yang tepat baik untuk pasien maupun untuk keluarganya. Kata kunci:Pengalaman anak korban kekerasan, PTSD. Daftar pustaka : 73 (2015-2021)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S.Kp., M.Kep
Uncontrolled Keywords: Pengalaman anak korban kekerasan, PTSD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:24
Last Modified: 27 Sep 2021 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84198

Actions (login required)

View Item View Item