Analisis Pengaruh User Interface (UI) dan User Experience (UX) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Marketplace

Rifki, Ariwardi (2021) Analisis Pengaruh User Interface (UI) dan User Experience (UX) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Menggunakan Marketplace. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan revolusi industri 4.0 membuat pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi memiliki dampak terhadap perubahan di berbagai bidang, seperti interaksi sosial, ekonomi, bisnis, pendidikan dan budaya, serta berdampak pada perubahan gaya hidup masyarakat, termasuk perilaku konsumen serta cara berjualan dan berbelanja masyarakat. Pada era sekarang ini, masyarakat menggunakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai hal, salah satunya untuk membeli dan menjual barang atau jasa menggunakan internet. Hal ini dikenal dengan perdagangan elektronik atau e-commerce. E-commerce adalah proses membeli dan menjual data, barang, dan jasa melalui internet. Marketplace adalah sebuah tempat jual beli yang mempertemukan seller dan konsumen secara online. Seller akan menjual barangnya di tempat yang telah disediakan dengan konsep marketplace. Contoh marketplace antara lain sebagai berikut: Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan sebagainya. Dalam penggunaan aplikasi Marketplace untuk berbelanja secara online tentunya tidak lepas dari User Interface (UI) dan User Experience (UX) dari aplikasi dan website Marketplace itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari UI dan UX dari Shopee terhadap keputusan pembelian konsumen. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 Universitas Andalas. Data pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang disebar menggunakan googleform. Hasil dari kuesioner diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan aplikasti SmartPLS 3.0. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan didapatkan bahwa User Interface (UI) dan User Experience(UX) mempengaruhi keputusan pembelian konsumen menggunakan marketplace sebesar 34,9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir Alizar Hasan, MSIE.,M.Eng.
Uncontrolled Keywords: UI, UX, keputusan pembelian konsumen, Marketplace, SEM, SEM- PLS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:58
Last Modified: 13 Oct 2021 07:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84147

Actions (login required)

View Item View Item