Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Masker Sesuai Teknik Yang Benar Pada Siswa Sma Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Kota Bukittinggi Tahun 2021

Hanum, Salsa Laila (2021) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Masker Sesuai Teknik Yang Benar Pada Siswa Sma Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Kota Bukittinggi Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER +ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB AKHIR (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian Pengetahuan dan sikap siswa terhadap penggunaan masker pada siswa SMA kota Bukittinggi > 50% positif dan keterpaparan informasi penggunaan masker secara umum berasal dari media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan praktik penggunaan masker dengan teknik yang benar pada siswa SMA dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Kota Bukittinggi tahun 2021. Metode Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dan metode alokasi proporsional pada siswa SMA Negeri di Kota Bukitinggi yang ditetapkan sebagai populasi. Pengumpulan data primer menggunakan angket. Pengolahan data dilakukan secara univariat, bivariat dengan analisis data dengan uji chi-square. Hasil Terdapat 229 (87,4%) siswa yang menggunakan masker medis, saat beraktivitas 149 (56,9%) siswa yang selalu menggunakan masker. Secara statistik menunjukkan tidak pengetahuan dan sikap terhadap penggunaan masker dengan teknik yang benar tidak berhubungan dengan p-value>0,005,Sedangkan paparan informasi kesehatan berhubungan secara statistik dengan p-value=0,001. Kesimpulan Pengetahuan dan sikap yang kurang baik terhadap praktik penggunaan masker. Diharapakan pihak sekolah kembali mempromosikan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ade Suzana EP, SKM., M.Comm Health Sc.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: COVID-19, pengetahuan, sikap, paparan informasi, teknik penggunaan masker
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:04
Last Modified: 27 Sep 2021 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84145

Actions (login required)

View Item View Item