Hubungan Faktor Orang Tua, Teman Sebaya, Iklan Rokok, dan Harga Rokok dengan Perilaku Merokok pada Remaja di SMK N 01 Tarusan

Syafrida, Wulandari (2021) Hubungan Faktor Orang Tua, Teman Sebaya, Iklan Rokok, dan Harga Rokok dengan Perilaku Merokok pada Remaja di SMK N 01 Tarusan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext Syafrida Wulandari_1711312007.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tingginya perilaku merokok khususnya pada kalangan remaja di SMKN 01 Tarusan pada saat sekarang ini, itu dilihat dari banyaknya remaja yang merokok baik pada jam sekolah maupun diluar sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara faktor orang tua, teman sebaya, iklan rokok dan harga rokok dengan perilaku merokok pada remaja di SMKN 01 Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 187 siswa, dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang dibagikan secara langsung. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan uji chi-square didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara faktor orang tua dengan perilaku merokok (p-value = 0,000), terdapat hubungan antara faktor teman sebaya dengan perilaku merokok (p-value =0,000), tidak terdapat hubungan antara faktor iklan rokok dengan perilaku merokok (p-value = 0,162), dan terdapat hubungan antara faktor harga rokok dengan perilaku merokok (p-value = 0,009). Disarankan kepada remaja dan orang tua agar mengikuti edukasi berkala mengenai rokok dan bahaya merokok baik dari sekolah maupun dari tenaga kesehatan, serta sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengubah kebiasaan merokok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohd Jamil,S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: remaja, orang tua, teman sebaya, iklan rokok, harga rokok, perilaku merokok
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:19
Last Modified: 27 Sep 2021 06:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84090

Actions (login required)

View Item View Item