Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Akses Informasi Ibu Tentang Kapsul Vitamin A Dengan Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang

Nadia, Agustin (2021) Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Akses Informasi Ibu Tentang Kapsul Vitamin A Dengan Pemberian Kapsul Vitamin A Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
Bab 7.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Kekurangan vitamin A (KVA) merupakan masalah terbesar diseluruh dunia. Penelitian dari WHO menunjukkan 20 juta balita di Indonesia setengahnya menderita kekurangan vitamin A. Faktor yang mempengaruhi pemberian kapsul vitamin A adalah tingkat pengetahuan dan akses informasi ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan akses informasi ibu tentang kapsul vitamin A dengan pemberian kapsul vitamin A pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang. Metode Desain penelitian dengan cross sectional di wilayah Puskesmas seberang Padang dari bulan November 2020 sampai Agustus 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 112 orang. Teknik pengambilan sampel dengan multistage random sampling. Peneliti melakukan wawancara terpimpin. Analisis data secara univariat dan bivariat, menggunakan uji statistic chi-square p<(0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukkan 61,6% balita yang tidak diberikan kapsul vitamin A, 57,1% ibu dengan tingkat pengetahuan kurang, dan 75,9% ibu dengan informasi kurang. Analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan (p=0,001) dan akses informasi (p=0,001) dengan pemberian kapsul vitamin A. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu dan akses informasi dengan pemberian kapsul vitamin A pada balita usia 12-59 bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Yuniar Lestari., M.Kes
Uncontrolled Keywords: balita, kapsul vitamin A, tingkat pengetahuan, akses Informasi
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:05
Last Modified: 27 Sep 2021 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84076

Actions (login required)

View Item View Item