Pengembangan Wisata Religi Berbasis Masyarakat di Lubuak Landua Nagari Aua Kuniang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat

Efrina, Dona (2021) Pengembangan Wisata Religi Berbasis Masyarakat di Lubuak Landua Nagari Aua Kuniang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FIX EFRINA DONA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengembangan wisata religi berbasis masyarakat di kejorongan Lubuak Landua Nagari Aua Kuniang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini dilator belakangi bahwa wisata religi Lubuak Landua adalah bentuk wisata yang memperkenalkan agama, sejarah, adat dan budaya bagi para wisatawan yang datang dengan adanya tiga objek wisata yang terkenal yakni Surau Buya Lubuak Landua, Makam Buya Lubuak Landua, dan Ikan Larangan Lubuak Landua. Wisata religi ini memiliki keunikan khas budaya yang bernuansa religi yang menarik jika ditelusuri lebih dalam, juga bentuk budaya yang unik dan menarik tersebut tidak lepas dari partisipasi dari masyarakat Lubuak Landua, maka dari itu pengembangan wisata religi ini menggunakan konsep Community Based Tourism atau wisata berbasis masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara untuk menguji keabsahan data yang didapat dilapangan dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori Community Based Tourism (CBT) Potjana Suansri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada dimensi ekonomi timbulnya pekerjaan dibidang pariwisata yang mengakibatkan pendapatan masyarakat meningkat walaupun tidak secara signifikan dan tidak transparannya dana pembangunan fasilitas sehingga menyebabkan fasilitas yang dibangun terbengkalai dan tidak terpakai, pada dimensi sosial terjadinya peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan adanya kegiatan pendidikan dan kesehatan yang timbul dengan adanya wisata religi Lubuak Landua dan masih terjaga sampai sekarang namun kurangnya penguatan organisasi POKDARWIS Lubuak Landua dalam mengembangkan wisata religi Lubuak Landua, pada dimensi budaya adanya pelestarian budaya lokal dalam bentuk kegiatan keagamaan dan juga meneruskan budaya tersebut secara turun-temurun ke generasi penerus, pada dimensi lingkungan perencanaan konservasi secara tertulis belum ada juga kurangnya kesadaran pengunjung maupun masyarakat terhadap kebersihan lingkungan wisata religi, pada dimensi politik partisipasi masyarakat dengan terbentuknya organisasi POKDARWIS Lubuak Landua tapi kekuatan dan kekuasaan komunitas belum meningkat juga tidak ada aturan tertulis mengenai penjaminan hak-hak pengelolaan sumber daya alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syamsurizaldi,S.IP,S.E,MM
Uncontrolled Keywords: Community based tourism, Wisata Religi, Pengembangan Wisata
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:28
Last Modified: 04 Oct 2021 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84048

Actions (login required)

View Item View Item