Pengaruh Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Preeklamsi di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang.

Maya, Regina Jenisa (2021) Pengaruh Video Edukasi Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Preeklamsi di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstark)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Walaupun bukan merupakan penyebab terbanyak AKI, namun proporsi kejadian Preeklamsi tiap tahunnya cendrung meningkat dibandingkan perdarahan dan infeksi. Salah satu penyebab kejadian Preeklamsi meningkat adalah karena kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang Preeklamsi dan jarangnya melakukan ANC. Oleh karena itu pemberian Pendidikan Kesehatan yang lebih efektif sangat disarankan yaitu dengan penggunaan media video edukasi tentang Preeklamsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video edukasi terhadap pengetahuan ibu hamil tentang Preeklamsi di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Metode Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-experimental design (one group pre-post design). Populasi dalam penelitian adalah ibu hamil di wialayh kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Pengambilan sampel dengan tehnik simple random sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 39 responden. Data dianalisa menggunakan uji statistic wilcoxcon sign rank test dengan signifikansi α < 0,05. Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa rata – rata sebelum diberikan video edukasi adalah 53,74 dan setelah diberikan video edukasi adalah 83,72. Hasil uji statistic wilcoxcon sign rank test didapatkan nilai p value (p=0,001). Kesimpulan Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian video edukasi terhadap pengetahuan ibu hamil tentang Preeklamsi di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ulfa Farrah Lisa, S.ST., M.Keb
Uncontrolled Keywords: Video edukasi, Pengetahuan, Preeklamsi
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:45
Last Modified: 27 Sep 2021 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84047

Actions (login required)

View Item View Item