GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN LANSIA TENTANG PENCEGAHAN COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2021

Fatimah, Hanum (2021) GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN LANSIA TENTANG PENCEGAHAN COVID-19 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstak.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Virus COVID-19 terus menjadi ancaman terhadap kesehatan masyarakat di dunia. Di Indonesia, jumlah kasus COVID-19 pada tahun 2021 sudah mencapai 3.686.740 orang. Upaya pencegahan penting dilakukan untuk melindungi dan mengurangi penyebaran virus terhadap kelompok yang berisiko tinggi seperti lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap, dan tindakan lansia tentang pencegahan COVID-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey untuk melihat fenomena tertentu. Sampel dari penelitian ini adalah lansia di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah sebanyak 291 responden yang dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan cluster sampling. Pengolahan data dilakukan dengan sistem komputerisasi dan dianalisis dengan analisa univariat yaitu deskriptif statistik dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (58,1%) responden memiliki pengetahuan yang baik. Kategori sikap sebagian besar (52,2%) responden memiliki sikap yang baik dan kategori tindakan sebagian besar (55%) responden memiliki tindakan yang baik tentang pencegahan COVID-19. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan virus COVID-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan dan meningkatkan pengetahuan untuk membentuk sikap serta tindakan yang baik untuk mencegah virus COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri,S.Kp.,M.Kes.,Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Lansia, Pengetahuan, Pencegahan, Sikap, Tindakan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:37
Last Modified: 27 Sep 2021 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/84041

Actions (login required)

View Item View Item