pengaruh Pendidikan kesehatan tentang imunisasi DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus) dan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) terhadap pengetahuan dan sikap ibu yang memiliki bayi usia 1-4 bulan pada masa pandemi Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Sungai Liuk kota Sungai Penuh

Neneng, Gia defilza (2021) pengaruh Pendidikan kesehatan tentang imunisasi DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus) dan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) terhadap pengetahuan dan sikap ibu yang memiliki bayi usia 1-4 bulan pada masa pandemi Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Sungai Liuk kota Sungai Penuh. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
Bab VII.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Neneng Gia Defilza.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Cakupan imunisasi DPT menurun lebih dari 35% pada bulan Mei 2020 dibandingkan dengan periode waktu yang sama pada tahun sebelumnya. Pengetahuan ibu tentang imunisasi DPT dan KIPI berperan penting dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan imunisasi. Pada saat pandemi Covid-19 semua aktivitas masyarakat dibatasi. Namun promosi kesehatan mengenai imunisasi pada bayi harus tetap dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran orang tua membawa anaknya untuk di imunisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media WhatsApp terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang imunisasi DPT dan KIPI di wilayah kerja Pusksesmas Sungai Liuk Kota Sungai Penuh. Penelitian menggunakan desain quasi eksperimen pretest – posttest control. Sampel berjumlah 64 responden terdiri dari 32 orang kelompok intervensi dan 32 orang kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah 10 pertanyaan pada kuesioner pengetahuan dan 8 pernyataan pada kuesioner sikap yang disediakan dalam bentuk google form. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan (p value = 0,000) dan sikap (p value = 0,000) responden pada kelompok intervensi. Namun tidak terdapat pengaruh pada kelompok kontrol, pengetahuan (p value = 0,184) dan sikap (p value = 0,325). Saran untuk tim promosi kesehatan Puskesmas Sungai Liuk Kota Sungai Penuh agar tetap memberikan promosi kesehatan pada masa pandemi dengan menggunakan media whatsapp dan dilanjutkan diskusi melalui videocall.. Sehingga promosi tetap dapat dilaksanakan tanpa harus mengumpulkan responden.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, WhatsApp, Imunisasi DPT, penanganan KIPI
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:49
Last Modified: 24 Sep 2021 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83405

Actions (login required)

View Item View Item