Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Ibu Dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Pada Anak Usia 18-24 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang

Win, Nur Windiya Sukmawati (2021) Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Ibu Dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan Pada Anak Usia 18-24 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Anak usia 18-24 bulan masuk kriteria periode todler atau masa anak dini, merupakan masa keemasan “golden periode” sekaligus masa kritis ”critical period” dalam perkembangan anak. Stimulasi perkembangan berperan dalam meningkatkan perkembangan anak. Di Puskesmas Anak Air pada tahun 2020 ditemukan 12 balita mengalami gangguan perkembangan sedangkan yang diberikan stimulasi perkembangan pada anak balita hanya 30,90%. Ibu merupakan orang terdekat dan terpenting dalam memberikan stimulasi. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan perkembangan anak yaitu kurangnya pengetahuan, sikap dan tindakan ibu tentang stimulasi perkembangan anak. Tujuan penelitian diketahui pengaruh edukasi kesehatan terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan ibu dalam memberikan stimulsi perkembangan anak usia 18-24 di wilayah kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang. Desain penelitian Quasi Eksperimen Pre Posttest With One-Group Pretest-Posttest Design. Jumlah sampel 41 Ibu yang memiliki anak usia 18-24 bulan. Metode pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan didapat nilai p=0,000 (p < α = 0.05) terkait stimulasi perkembangan pada anak usia 18-24 bulan di wilayah kerja Puskesmas Anak Air kota Padang. Hal ini menunjukan bahwa edukasi kesehatan dapat digunakan dalam upaya promotif dan preventif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Ns. Meri Neherta, S.Kep., M. Biomed
Uncontrolled Keywords: Edukasi Kesehatan, Ibu, Perkembangan, Stimulasi Perkembangan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:08
Last Modified: 23 Sep 2021 04:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83257

Actions (login required)

View Item View Item